PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PME DENGAN STRATEGI WANKAT-OREOVOCZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL

LILIS, SURYANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PME DENGAN STRATEGI WANKAT-OREOVOCZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI LILIS SURYANI 1911050110 (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra-penelitian di SMP Negeri 1 Pekalongan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil persentase yaitu 91,2 % siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Maka peneliti tertarik menerapkan model pembelajaran PME (Planning, Monitoring, dan Evaluating) dengan strategi Wankat�Oreovocz terhadap pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan literasi digital. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran PME (Planning, Monitoring, dan Evaluating) dengan strategi Wankat-Oreovocz terhadap pemecahan masalah matematis, 2) pengaruh kemampuan literasi digital terhadap pemecahan masalah, 3) interaksi antara model pembelajaran PME (Planning, Monitoring, dan Evaluating) dengan strategi Wankat�Oreovocz dengan kemampuan literasi digital terhadap pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Quasi Exsperiment Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pekalongan Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan angket literasi digital. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara model pembelajaran PME (Planning, Monotoring, dan Evaluating) dengan strategi Wankat-Oreovocz dan pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh anatar siswa yang memiliki kemampuan literasi digital basic, medium, dan advanced terhadap pemecahan masalah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PME (Planning, Monotoring, dan Evaluating) dengan strategi Wankat-Oreovocz dengan kemampuan literasi digital terhadap pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model pembelajaran PME strategi wankat-oreovocz, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan kemampuan literasi digital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:34
Last Modified: 19 Dec 2023 11:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31680

Actions (login required)

View Item View Item