PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS SISWA

Siti, Hardiyanti Maysaroh (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Self efficacy adalah pemikiran yang mengacu padadiri sendiri untuk aktif pada proses kognitif, motivasi, dan efektif yang mengatur pemahaman pengetahuan dan kemampuan menjadi suatu tindakan aktif. Kemampuan analisis matematis adalah kemampuan untuk merinci atau menguraikan suatu masalah atau aturan matematis menjadi bagian-bagian yang lebih kecil serta dapat memahami hubungan diantara bagian-bagiannya. Dengan melakukan pengambilan data berupa membagi angket, soal uraian, dan wawancara untuk melihat bagaimana self efficacy dan kemampuan analisis matematis siswa kelas VII di SMP N 6 TBB, dan hasil yang didapatkan terlihat bahwa untuk self efficacy dan kemampuan analisis matematis siswanya rendah. Tujuan penelitian ingin melihat pengaruh model pembelajaran GDL terhadap self efficacy dan kemampuan analisis matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis pengumpulan data yang digunakan adalah quasy eksperiment design, dengan teknik pengumpulan data subjektif berupa angket, soal essay, dan dokumentasi dengan analisis data MANOVA dibantu aplikasi SPSS 25. Untuk populasi penelitian diambil dari kelas VII ABDC di SMPN 06 Tulang Bawang Barat total 103 siswa, dengan sampel penelitian pada 25 siswa VIIIA kelas eksperimen, dan 25 siswa VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpul akan bahwa untuk model guided discovery learning terhadap self efficacy dan kemampuan analisis matematis terdapat pengaruh. Kata kunci: Model Guided Discovery Learning (GDL), Self efficacy, dan Kemampuan Analisis Matematis. iv ABSTRACT Self-efficacy is thinking that refers to oneself to be active in cognitive, motivational and effective processes that organize understanding of knowledge and abilities into active action. Mathematical analysis ability is the ability to detail or describe a problem or mathematical rule into smaller parts and being able to understand the relationships between these parts. By collecting data in the form of distributing questionnaires, descriptive questions, and interviews to see how the self-efficacy and mathematical analysis abilities of class VII students at SMP N 6 TBB are, and the results obtained show that the self-efficacy and mathematical analysis abilities of class VII students at SMP N 6 TBB. low mathematical analysis skills. The aim of the research is to see the effect of the -assisted GDL learning model on students' self-efficacy and mathematical analysis abilities. This research method uses quantitative methods, the type of data collection used is a quasi-experimental design, with subjective data collection techniques in the form of questionnaires, essay questions, and documentation with MANOVA data analysis assisted by the SPSS 25 application. The research population was taken from class VII ABDC SMPN 06 Tulang Bawang Barat, totaling 103 students, with a research sample of 25 students in VIII A as experimental class, and 25 students in VIII D as control class. The results of the research that has been carried out can be concluded that the guided discovery learning model has a influence on self-efficacy and mathematical analysis skills. Keywords : Model Guided Discovery Learning (GDL),, Self efficacy, and Mathematical Analysis Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:54
Last Modified: 19 Dec 2023 11:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31678

Actions (login required)

View Item View Item