PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) DENGAN OPEN-ENDED APPROACH TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

YULI, RAHMAWATI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) DENGAN OPEN-ENDED APPROACH TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YULI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Representasi matematis dan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasi oleh setiap peserta didik guna menunjang dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan data yang dilihat dari hasil pra penelitian bahwa masih rendahnya representasi matematis dan penalaran matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SFAE dengan pendekatan open-ended terhadap representasi matematis dan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan quasi ekperimen design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ketapang, teknik pengambilan sampel dengan teknik acak kelas atau cluster random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model pembelajaran SFAE dengan pendekatan open-ended, kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan model pembelajaran SFAE dan kelas VIII-D dengan perlakuan model direct intruction. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji MANOVA dan korelasi. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SFAE terhadap representasi matematis dan penalaran matematis peserta didik dan terdapat hubungan antara representasi matematis dan penalaran matematis. Kata Kunci : Model pembelajaran SFAE, pendekatan open-ended, representasi matematis dan penalaran matematis. iv ABSTRACT Mathematical representation and mathematical reasoning in mathematics learning are abilities that need to be mastered by every student to support the learning process and solve various mathematical problems. Based on the data seen from the pre-research results, the mathematical representation and mathematical reasoning of students is still low. The aim of this research is to determine the effect of the SFAE learning model with an open-ended approach on students' mathematical representation and mathematical reasoning. This type of research uses a quasi experimental design. The population in this study was all students in class VIII of SMP Negeri 1 Ketapang, the sampling technique was class random or cluster random sampling. The samples obtained were class VIII-B as experimental class 1 with the SFAE learning model treatment with an open-ended approach, class VIII-C as experimental class 2 with the SFAE learning model treatment and class VIII-D with the direct instruction model treatment. The analysis used in this research is MANOVA and correlation tests. The results of the analysis can be concluded that there is an influence of the SFAE learning model on students' mathematical representation and mathematical reasoning and there is a relationship between mathematical representation and mathematical reasoning. Keywords: SFAE learning model, open-ended approach, mathematical representation and mathematical reasoning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:47
Last Modified: 19 Dec 2023 11:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31676

Actions (login required)

View Item View Item