PENGANGKATAN PERANGKAT DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten Oku Selatan, Provinsi Sumatera Selatan)

AFRAN, NABABAN (2023) PENGANGKATAN PERANGKAT DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten Oku Selatan, Provinsi Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AFRAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pemberhentian perangkat desa yg terjadi di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan belum objektif dalam pelaksanaannya. Alasan jika terjadi pergantian kepala desa yang baru ada perangkat desa yang dipertahankan dan ada perangkat desa yang diganti. Perangkat desa tersebut semestinya diperlakukan secara seragam jika mesti diganti, maka diganti secara keseluruhan dan sebaliknya. Pada masa kepala desa yang lama, Kaur dijabat oleh Bapak Sangkudin, Sekretaris Desa dijabat oleh Bapak Asnanudin, dan Kepala Dusun dijabat oleh Bapak Amerul. Sedangkan pada masa Kepala Desa yang baru Kaur dijabat oleh Bapak Sangkudin, Sekretaris Desa dijabat oleh Bapak Joko Sobroto dan Kepala Dusun dijabat oleh Ibu Selvi Melati. Inilah bukti bahwa sistem pergantian perangkat desa yang terjadi di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir belum konsisten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengangkatan perangkat desa di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan sesuai dengan Pasal 49 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa? Dan bagaimanakah perspektif fiqh siyasah terhadap pelaksanaan pengangkatan perangkat desa di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan?. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengangkatan perangkat desa di Desa di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan sesuai dengan Pasal 49 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dan untuk mengetahui perspektif fiqh siyasah terhadap pelaksanaan pengangkatan perangkat desa di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitiannya ialah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan. Penelitian ini dianalisis dengan analisis kualitatif, menggunakan teori fiqh siyasah tanfidziyyah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa, pelaksanaan pengangkatan perangkat desa di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan, sudah sesuai dengan Pasal 49 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan Perda Nomor 3 Tahun 2018. Di mana dalam proses rekrutmen perangkat desa telah diberi kesempatan untuk mengikuti proses seleksi secara adil dan terbuka. Peserta yang lolos seleksi merupakan pihak yang memiliki klasifikasi sesuai dengan kebutuhan perangkat desa. Pelaksanaan pengangkatan perangkat desa di Desa Teluk Agung Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan, sudah sesuai dengan prinsip�prinsip fiqh siyasah tanfidziyah di mana tata kelola dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip demokarasi, keadilan, musyawarah, dan perundang undangan yang berlaku. Namun dalam kejadian pemberhentian perangkat desa menurut peneliti masih belum objektif, sehingga kedepannya agar dilakukan pembenahan kembali sebagaimana dalam perundang undangan. . Kata Kunci: Pengangkatan, Perangkat Desa, Fiqh Siyasah tanfidziyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:58
Last Modified: 19 Dec 2023 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31671

Actions (login required)

View Item View Item