PENERAPAN PRINSIP MANAJEMEN KELAS DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

YENI, LINDA SARI (2023) PENERAPAN PRINSIP MANAJEMEN KELAS DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK YENI LINDA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas adalah hal-hal yang dapat dijadikan pedoman atau pegangan guru di dalam mengelola, agar menjadi terarah dan efesien. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana cara mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehangatan guru terhadap peserta didik, tantangan guru, variasi gaya mengajar guru, keluwesan tingkah laku guru, penekanan pada hal-hal positif, dan penanaman disiplin diri guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, dimana yang menjadi subjek adalah guru pada kelas 7 J. teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.sedangkan tringulasi yang digunakan untuk mengecek data penulis menggunakan tringulasi sumber. Dari hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa penerapan prinsip manajemen kelas di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah dilakukan, yaitu: 1.kehangatan guru terhadap peserta didik Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung yaitu dengan guru bertanya kabar siswa sebelum memulai pembelajaran, tidak pelit memberikan pujian kepada siswa,melakukan sharing pendapat siswa, dan menghargai setiap pendapat siswa 2. tantangan guru Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung yaitu dengan guru lebih banyak menggali materi, dan siswa rata rata yang sudah lancar mengaji namun dengan ada nya tantangan tersebut guru dapat melakukan evaluasi sederhana secara berkala setiap minggu. 3. variasi gaya mengajar guru Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung yaitu dengan menggunakan Lcd proyektor, Tanya jawab,ceramah dan diskusi.4. keluwesan tingkah laku guru Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, Sudah yaitu dengan guru-guru yang ada di madrasah tersebut memang memperlakukan siswa layaknya teman, memanggil siswa dengan panggilan nak dan menghabiskan waktu bersama siswa.5. penekanan pada hal hal positif Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, guru tidak mencela yang berbuat negative didalam kelas, mengingatkan mereka terhadap tujuan dan cita cita belajarnya, dan memberikan pujian jika ada siswa yang sudah melalukan tindakan tindakan positif. 6. penanaman disiplin diri guru Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung ,cara mengembangkan sikap disiplin kepada siswa dilakukan dengan cara mendisiplinkan diri sendiri dulu dalam hal ini gurulah yang harus disiplin terlebih dahulu karena ketika telah disiplin iii siswa akan mengikuti perilaku gurunya karena guru adalah panutan bagi siswanya. Seorang guru tidak akan berhasil mengelola kelasnya untuk berdisiplin jika ia sendiri terlihat tidak disiplin di mata siswanya. Kata Kunci: Prinsip Manajemen Kelas iv ABSTRACT The application of classroom management principles was something that can be used as a guide or guide for teachers in managing, so that it becomes directed and efficient. Therefore, it was important for teachers to know how to manage the class. This research aims to determine teacher warmth towards students, teacher challenges, variations in teacher teaching styles, flexibility in teacher behavior, emphasis on positive things, and instilling teacher self�discipline. The type of research used in this research was descriptive qualitative, where the subject was the teacher in class 7 J. Data collection techniques were interviews, observation and documentation. then the data that has been obtained was analyzed using the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Meanwhile, triangulation was used to check the author's data using source triangulation. From the results of the research, it can be concluded that the application of classroom management principles at MTs Negeri 2 Bandar Lampung has been carried out, namely: 1. The teacher's warmth towards students. At MTs Negeri 2 Bandar Lampung, namely by teachers asking how students were doing before starting learning, not being stingy in giving praise. to students, sharing student opinions, and respecting each student's opinion 2. The teacher's challenge at MTs Negeri 2 Bandar Lampung is that the teacher digs more into the material, and the average student are already fluent in reciting the Koran but with this challenge the teacher can carry out a simple evaluation periodically every week. 3. Variations in teacher teaching styles at MTs Negeri 2 Bandar Lampung, namely by using LCD projectors, questions and answers, lectures and discussions .4. the flexibility of teacher behavior at MTs Negeri 2 Bandar Lampung, namely that the teachers at the madrasa really treat students like friends, calling students by nickname son and spending time with students. 5. Emphasis on positive things At MTs Negeri 2 Bandar Lampung, teachers do not criticize those who do negative things in class, remind them of their learning goals and aspirations, and give praise if there are students who have taken positive actions. 6. instilling teacher self-discipline At MTs Negeri 2 Bandar Lampung, the way to develop a disciplined attitude in students was done by disciplining yourself first, in this case the teacher must be disciplined first because when they were disciplined students will follow their v teacher's behavior because teachers were role models for their students. A teacher will not be successful in managing his class to be disciplined if he himself appears undisciplined in the eyes of his students. Keywords: Principles Classroom Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:38
Last Modified: 19 Dec 2023 11:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31668

Actions (login required)

View Item View Item