KEGIATAN SHOLAWAT DALAM MENINGKATKAN SYIAR ISLAM PADA IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDATUL ULAMA (IPPNU) KECAMATAN TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT

Nurul, Fatimah (2023) KEGIATAN SHOLAWAT DALAM MENINGKATKAN SYIAR ISLAM PADA IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDATUL ULAMA (IPPNU) KECAMATAN TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NURUL FATIMAH BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL FATIMAH  FULL DAKWAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Islam adalah agama dakwah, artinya Islam merupakan agama yang mengajak manusia lain agar aktif dalam mensyiarkan agama Islam. Melakukan shalawat melalui organisasi dakwah, memuji rasulullah dan diiringi suara alat musik tradisional hadroh atau rebana maka akan memikat masyarakat khususnya mahasiswa di lingkungan kampus untuk mengikuti aktivitas keagamaan maupun kesenian dalam Islam yang dilaksanakan oleh IPPNU Ranting Sumber Rejo. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan sholawat dalam meningkatkan syiar islam pada IPPNU Kecamatan Tumijajar Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dan sifat penelitian ini deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 5 pengurus dan sumber data dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari 5 kepengurusan dan 9 anggota. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif atau kata-kata yang tertulis, lisan, dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah tidak selalu hanya di mimbar saja, melainkan dakwah juga dilakukan dengan bershalawat seperti halnya yang dilakukan oleh IPPNU. Dengan adanya aktivitas dakwah melalui kegiatan bersolawat, maka pelajar putri dan santriwati yang tergabung dalam IPPNU lebih kreatif dalam mensyiarkan dakwahnya. Kata Kunci; Dakwah, Shalawat, IPPNU. iii ABSTRACT Islam is a religion of da'wah, meaning that Islam is a religion that invites other people to be active in spreading Islam. Performing prayers through da'wah organizations, praising the Prophet and accompanying the sound of traditional hadroh or tambourine musical instruments will attract the public, especially students in the campus environment, to take part in religious and artistic activities in Islam which are carried out by the IPPNU Sumber Rejo branch. Tumijajar Tulang Bawang Barat District. This type of research is field research or field research, and the nature of this research is descriptive. The population in this study amounted to 20 people consisting of 5 administrators, and the sample in this study amounted to 14 people consisting of 5 management and 9 members. Data collection methods in this study used interviews, observation, and documentation, using qualitative descriptive analysis or written, spoken, and observed behavior. The results of the study show that da'wah is not always only in the pulpit, but preaching is also carried out with prayers as was done by IPPNU. With the existence of da'wah activities through prayer activities, female students and female students who are members of IPPNU are more creative in broadcasting their da'wah Keyword; Da‟wah, Blessing, IPPNU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:50
Last Modified: 19 Dec 2023 04:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31665

Actions (login required)

View Item View Item