ANALISIS SIYASAH TANFIZIAH TERHADAP PERATURAN KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2020 TENTANG PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF (Studi Di Kepolisian Sektor Tanjung Seneng)

M RISYAD, FERADIL (2023) ANALISIS SIYASAH TANFIZIAH TERHADAP PERATURAN KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2020 TENTANG PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF (Studi Di Kepolisian Sektor Tanjung Seneng). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M RISYAD FERADIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Restorative Justice atau keadilan restoratif merupakan sebuah upaya penyelesaian hukum dengan cara kesepakatan bersama. Keadilan restoratif (restorative justice) merupakan pendekatan dalam penyelesaian tindak pidana yang saat ini kembali banyak disuarakan di berbagai negara. Bagaimana implementasi peraturan Kejaksaan Republik Indoesia Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif di polsek Tanjung Seneng? Bagaimana Analisis Siyasah Tanfiziah terhadap Impementasi peraturan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif di polsek Tanjung Seneng? Melalui pendekatan keadilan restoratif, korban dan pelaku tindak pidana diharapkan dapat mencapai perdamaian dengan mengedepankan win�win solution, dan menitikberatkan agar kerugian korban tergantikan dan pihak korban memaafkan pelaku tindak pidana. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan yuridis Normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Kepolisian Sektor Tanjung Senang. Metode pengambilan data ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan penelitian di lapangan. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara (interview). Data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan dengan melakukan kajian pustaka. Implementasi Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif sudah berjalan dengan baik. Memprioritaskan dukungan dan memberikan ruang dialog antara korban dan pelaku, serta masyarakat untuk mencapai pemahaman, dan mengupayakan untuk meletakkan secara benar kerugian yang ditimbulkan. Namun sayangnya aparat kepolisian belum cukup memberikan peringatan dan arahan kepada pelaku, karena kurangnya personil dalam penerapan dan pelaksanaan Restoratif Justice. kajian siyasah tanfiziah. Penerapan Restoratif Justice yang dilakukan oleh Kepolisian Sektor Tanjung Senang yang bertugas meng-execute ketentuan perundang- iii undangan. Dalam penerapannya Restoratif Justice telah sesuai dengan prinsip-prinsip yang terdapat dalam Siyasah tanfiziah yaitu prinsip keadilan, karena dalam penerapannya baik korban dan pelaku, serta masyarakat sama sama diberikan kesempatan untuk menyelesaikan perkara dan pemulihan. Kata kunci : Restoratif Justice, siyasah tanfiziah, Implementasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:54
Last Modified: 19 Dec 2023 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31658

Actions (login required)

View Item View Item