PENERAPAN POJOK BACA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PURNAMA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

MEPI, ARISTANTI (2023) PENERAPAN POJOK BACA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PURNAMA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Mepi Aristanti 1911070170 .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bahasa anak usia dini adalah perkembangan bahasa yang harus dimiliki anak sebagai salah satu dari kemampuan dasar, sesuai dengan tahapan usia dan karakteristik perkembangannya. Pada zaman sekarang banyaknya gangguan perkembangan berbahasa anak seperti ketidakmampuan atau keterbatasan dalam berkomunikasi dan keterlambatan kemampuan perkembangan bicara dan bahasa anak sesuai dengan kelompok umur, jenis kelamin, adat istiadat, dan kecerdasannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pojok baca dalam mengembangkan bahasa pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Purnama Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah guru dan peserta didik Taman Kanak-Kanak Purnama Sukarame Bandar Lampung. Adapun informan dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Keabsahan data menggunakan tringulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa TK Purnama sudah menerapkan pojok baca khususnya dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. Mengembangkan bahasa anak melalui pojok baca, diterapkan secara bertahap antara lain: penataan pojok baca yang menarik bagi anak, memiliki keragaman buku-buku yang ada di pojok baca, pembiasaan membaca buku sebelum kegiatan pembelajaran, lingkungan sekolah gemar membaca, pemberian reward berupa pujian kepada anak yang rajin membaca, dan pelibatan orang tua dalam membangun pojok baca. Kata kunci: Penerapan pojok baca; Pengembangan Bahasa; Anak Usia Dini iv ABSTRACT Early childhood language development is the development of language that children must have as one of the basic abilities, in accordance with the age stages and developmental characteristics. Nowadays, there are many disorders of children's language development such as the inability or limitation in communicating and delays in children's speech and language development abilities according to their age group, gender, customs, and intelligence. This research was conducted to find out how the application of the reading corner in developing language in early childhood at Purnama Kindergarten Sukarame Bandar Lampung. This research uses descriptive qualitative research, the research subjects are teachers and students of Purnama Kindergarten Sukarame Bandar Lampung. The informants in the study were the principal, class teachers and students. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. In analyzing the data, the author uses data reduction, data presentation and drawing conclusions.data validity using tringulation. The results of this study indicate that Purnama Kindergarten has implemented a reading corner, especially in developing early childhood language. Developing children's language through reading corners is implemented in stages, including: structuring reading corners that are attractive to children, having a variety of books in reading corners, habituation to reading books before learning activities, a school environment that likes to read, giving rewards in the form of praise to children who are diligent in reading, and involving parents in building reading corners. Keywords: Implementation of a reading corner; Language development; Early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:53
Last Modified: 19 Dec 2023 05:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31646

Actions (login required)

View Item View Item