PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 2 LAMPUNG SELATAN

EKA, SULASTRI (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 2 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA SULASTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala madrasah yang baik adalah kepemimpinan yang dapat membawa pengaruh positif terhadap kinerja guru. Apabila kepemimpinan kepala madrasah nya baik, akan semakin baik juga kinerja gurunya. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri 2 Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alat yang digunakan guna dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Populasi yang digunakan sebanyak 49 orang guru dan 1 kepala madrasah, sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan prasarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji T. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan data yang menggunakan uji T, ditunjukkan dengan hasil = 3,452 dengan nilai sig. 0,001 < 0,05. Sedangkan besarnya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah ditunjukkan dengan bentuk persentase 19,9%. Dengan hal ini penulis menyimpulkan bahwa diterima atau terdapatnya pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri 2 Lampung Selatan. Hasil penelitian ini merekomendasikan sebagai bahan evaluasi dalam pembinaan guru-guru di MTs Negeri 2 Lampung Selatan untuk mewujudkan kinerja guru yang lebih baik, seperti dengan meningkatkannya kepemimpinan kepala madrasah. Kata Kunci : Kepemimpinan, Kinerja Guru iii ABSTRACT Madrasah head leadership good was leadership that can have a positive influence on teacher performance. If the madrasah head's leadership is good, the teacher's performance will also be better. Therefore, the aim of this research is to determine the influence of the leadership of the madrasa head on teacher performance at MTs Negeri 2 Lampung Selatan. The type of research used in this research is quantitative research. The tools used to collect data in this research are questionnaires and documentation. The population used was 49 teachers and 1 madrasa head, the sample used was the entire population. Data analysis in this research uses analysis prerequisites consisting of normality tests, linearity tests and homogeneity tests. Meanwhile, the hypothesis test used in this research uses the T test. Based on the results of data analysis and calculations using the T test, it is shown that the result is = 3.452 with a sig value. 0.001 < 0.05. Meanwhile, the magnitude of the leadership influence of the madrasah head is shown in the form of a percentage of 19.9%. With this, the author concludes that it is accepted or there is a significant influence between the leadership of the madrasa head on teacher performance at MTs Negeri 2 Lampung Selatan. The results of this research are recommended as evaluation material in coaching teachers at MTs Negeri 2 Lampung Selatan to realize better teacher performance, such as by improving the leadership of madrasa heads. Keywords: Leadership, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:45
Last Modified: 19 Dec 2023 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31645

Actions (login required)

View Item View Item