PENGARUH NILAI BUDAYA DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP STRATEGI PELAYANAN DENGAN KONSEP SERVICE EXCELLENCE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada Nasabah BMT Fajar Cabang Bandar Lampung)

Zubaidah, Asdin (2023) PENGARUH NILAI BUDAYA DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP STRATEGI PELAYANAN DENGAN KONSEP SERVICE EXCELLENCE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada Nasabah BMT Fajar Cabang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1&5+ DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZUBAIDAH (1951020240).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan lembaga keuangan mikro syariah khususnya di BMT yang dari waktu ke waktu semakin ketat, sehingga setiap BMT harus menciptakan strategi pelayanan yang baru agar dapat mempertahankan dan meraih mangsa pasar yang lebih luas serta dapat meningkatkan kepuasan anggota yakni berdasarkan faktor nilai budaya dan persepsi masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh nilai budaya dan persepsi masyarakat terhadap strategi pelayanan dengan konsep service excellence di BMT Fajar Cabang Bandar Lampung baik secara persial maupun simultan dan berdasarkan perspektif ekomoni islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif kausal. Menggunakan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasinya ialah Nasabah BMT Fajar Cabang Bandar Lampung, dengan sampel sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel meggunakan Medote purposive sampling yaitu dengan kriteria nasabah aktif dan berdomisili di Bandar Lampung. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t (persial) menunjukkan bahwa Nilai Budaya tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pelayanan dengan konsep service excellence. Persepsi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pelayanan dengan konsep service excellence. Hasil analisis menggunakan uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel nilai budaya dan persepsi masyarakat secara bersama sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap strategi pelayanan dengan konsep service excellence di BMT Fajar Cabang Bandar Lampung. Kata Kunci : Nilai Budaya, Persepsi Masyarakat, Service Excellent. ABSTRACT This research is motivated by the competitive conditions of sharia microfinance institutions, especially in BMT, which from time to time is getting tighter, so that each BMT must create new service strategies in order to maintain and reach a wider market target and can increase member satisfaction, namely based on value factors. culture and public perception. The aim of this research is to determine the influence of cultural values and community perceptions on service strategies with the concept of service excellence at BMT Fajar Bandar Lampung Branch, both partially and simultaneously and based on an Islamic economic perspective. This research is quantitative research with causal associative properties. Using a questionnaire method that has been tested for validity and reliability. The population is BMT Nasabah Fajar Bandar Lampung Branch, with a sample of 40 respondents. The sampling technique uses Medote purposive sampling, namely with the criteria of active customers and domiciled in Bandar Lampung. Based on the results of the analysis using the t test (partial), it shows that Cultural Values do not have a positive and significant effect on service strategies with the concept of excellent service. Public perception has a positive and significant influence on service strategies with the concept of excellent service. The results of the analysis using the F test (simultaneous) show that the variables of cultural values and community perception together have a significant influence on service strategies with the concept of excellent service at BMT Fajar Bandar Lampung Branch. Keywords: Cultural Values, Community Perception, Excellent Service.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:40
Last Modified: 19 Dec 2023 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31644

Actions (login required)

View Item View Item