PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK PENGAJARAN REMEDIAL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DISGRAFIA (STUDI KASUS PADA SISWA DI MTS NEGERI 1 LAMPUNG UTARA)

Annisa, Dwi Novitasari (2023) PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK PENGAJARAN REMEDIAL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DISGRAFIA (STUDI KASUS PADA SISWA DI MTS NEGERI 1 LAMPUNG UTARA). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANISSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Penerapan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Pengajaran Remedial Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Disgrafia (Studi Kasus pada siswa Di Mts Negeri 1 Lampung Utara)”. Permasalahan ditemukan adanya kesulitan belajar disgrafia yang dialami oleh siswa, dan permasalahan tersebut baru terdeteksi saat siswa tersebut duduk dikelas 8 dikarenakan saat kelas 7 murid-murid MTs Negeri 1 Lampung Utara melakukan sekolah online (Daring) yang disebabkan oleh pandemik Covid-19 yang melanda Indonesia, oleh karena itu Guru BK baru mengetahui jika ada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dimana penelitian berfokus pada fenomena yang ada kemudian dipahami dan dianalisis secara mendalam. Berdasarkan tujuan penelitian, jenis penelitian studi kasus (case study) merupakan komponen metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan melibatkan pengumpulan beragam sumber informasi. Penulis menggunakan studi kasus explanatory study, di mana explanatory study yaitu untuk menjelaskan suatu situasi, biasanya dalam hubungan sebab akibat yang didahului dengan survey atau experimen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa perencanaan penerapan Bimbingan Belajar dengan Teknik Pengajaran Remedial meliputi permasalahan siswa, tujuan yang ingin dicapai, jenis kegiatan yang dilakukan, teknik dan strategi kegiatan, personel�personel yang melaksanakan, fasilitas yang digunakan, mengantisipasi kemungkinan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling dan waktu dan tempat artinya kapan kegiatan dilakukan dan dimana kegiatan itu dilakukan. Penerapan bimbingan belajar dengan teknik diskusi yang telah Guru BK dan penulis terapkan meliputi tahapan analisis kebutuhan siswa, tahap perencanaan layanan, lalu iv aksi pemberian layanan, dan yang terakhir tahap evaluasi proses. Berdasarkan hasil evaluasi penerapan bimbingan belajar dengan teknik pengajaran remedial yang diterapkan kepada (FK) menunjukan hasil bahwa (FK) mengalami peningkatan pada setiap sesi latihan menulis selama 6 kali pertemuan, (FK) sudah lebih lancar dalam menulis dan sudah tidak kaku dalam menulis walaupun belum sepenuhnya tuntas namun (FK) sudah dapat menginat huruf-huruf yang sebelum nya sulit untuk diingat seperti huruf (R,K,F) dan (FK) juga sangat aktif saat mengikuti bimbingan belajar. Kata kunci: Bimbingan Belajar,Pengajaran Remedial, Disgrafia v ABSTRACT This research aims to describe "The Application of Learning Guidance Using Remedial Teaching Techniques to Overcome Dysgraphia Learning Difficulties (Case Study of Students at Mts Negeri 1 Lampung Utara)". The problem was found to be dysgraphia learning difficulties experienced by students, and this problem was only detected when the student was in grade 8 because in grade 7 the students at MTs Negeri 1 Lampung Utara did online school (Online) which was caused by the Covid-19 pandemic that hit Indonesia Therefore, guidance and counseling teachers only know if there are students who are experiencing learning difficulties. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The research method used by the author is qualitative research with a case study type of research where the research focuses on existing phenomena which are then understood and analyzed in depth. Based on the research objectives, this type of case study research is a component of a qualitative method that aims to explore a particular case in more depth by involving the collection of various sources of information. The author uses an explanatory case study, where explanatory study is to explain a situation, usually in a cause and effect relationship preceded by a survey or experiment. Based on the results of research and data analysis, it was found that the planning for implementing Learning Guidance with Remedial Teaching Techniques includes student problems, goals to be achieved, types of activities carried out, activity techniques and strategies, personnel who carry them out, facilities used, anticipating possible obstacles in implementation. counseling guidance activities and time and place, meaning when the activity is carried out and where the activity is carried out. The application of Learning Guidance using discussion techniques that the guidance and counseling teacher and the author have implemented includes the student needs analysis stage, the service planning stage, then the service delivery action, and finally the process evaluation stage. Based vi on the results of the evaluation of the implementation of tutoring with remedial teaching techniques applied to (FK), the results show that (FK) has experienced an improvement in each writing practice session for 6 meetings, (FK) has become more fluent in writing and is no longer stiff in writing, although not yet. completely completed, but (FK) can already remember letters that were previously difficult to remember, such as the letters (R, K, F) and (FK) is also very active when following Learning Guidance. Keywords: Learning Guidance, Remedial Teaching, Dysgraphia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:38
Last Modified: 19 Dec 2023 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31643

Actions (login required)

View Item View Item