TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN (Studi di Sungai Way Ngaras Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat)

EKO, SUPRIYADI (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN (Studi di Sungai Way Ngaras Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKO SUPRIYADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 tahun 2020 tentang kebersihan dan keindahan studi Way Ngaras Kota Batu yang menetapkan bahwa dalam rangka mewujudkan tata kehidupan Kabupaten Pesisir Barat yang tertib, tenteram dan nyaman serta menciptakan daerah yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan serta menumbuhkan perilaku disiplin masyarakat dalam menjaga lingkungan. Di Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras seringnya terjadi banjir di Pekon Kota Batu yang di akibatkan dari ulah masyrakatnya sendiri dan mengingat peningkatan produksi dan komsumsi barang masyrakat Pekon yang tidak di dukung oleh teknologi ramah lingkungan, sisitem penanganan, pengelolaan sampah yang kurang bertanggungjawab, sehingga meningkatkan volume sampah di sungai way Ngaras.Bagaimana implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Kebersihan Dan Keindahan di Sungai Ngaras Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras? Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Kebersihan Dan Keindahan di Sungai Ngaras Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras? Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu metode yang digunakan untuk secara khusus dan realita yang berkembang dalam masyarakat mengadakan penelitian mengenai beberapa permasalahan aktual yang tengah berkembang di masyarakat sebagai bentuk gejala sosial. dengan mengangkat data dan fakta-fakta yang ada di Pekon Kota Batu Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat. Dalam penelitian ini dikhususkan pada kebersihan dan keindahan dalam penataan sungai Ngaras di Pekon Kota Batu, Kecamatan Ngaras. Berdasarkan temuan di lapangan kesimpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Kebersihan Dan Keindahan belum terlaksanakan secara maksimal meskipun pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya tetapi sebagian masyarakat yang kurang menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan Di sekitar sungai way ngaras. Perspektif hukum Islam Implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Kebersihan Dan Keindahan sepenuhnya belum dilaksanakan. Manusia sebagai khalifah di bumi memiliki tanggung jawab untuk mengolah, memanfaatkan dan melestarikan lingkungan. Sikap masyarakat sekitar sungai yang belum menjaga kebersihan lingkungan sungai, membuang dan membiarkan sampah berserakan di mana-mana itu termasuk melakukan kerusakan di bumi dan tidak menjalankan prinsip etika untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih. Kata Kunci : Banjir, Kebijakan Pemerintah, Siyasah Tanfidziya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:33
Last Modified: 19 Dec 2023 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31642

Actions (login required)

View Item View Item