PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Imaniar, Dwi Lestari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI IMANIAR DWI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat dilakukan pra penelitian ditemukan masih kurangnya kemampuan metakogntif dan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP PGRI 1 Merbau Mataram. Dengan demikian dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah model Open�Ended Berbantuan Media Audio Visual memiliki pengaruh terhadap kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment. Instrument penelitian menggunakan tes soal uraian dengan materi Pencemaran Lingkungan dan nontes yaitu angket. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperiment dan kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Open-Ended berbantuan media audio visual terhadap kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa. Perbedaan kemampuan metakognitif kelas eksperiment dan kontrol yakni 71% dengan 67%. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa kelas eksperiment 91% dan control 88%. Adanya pengaruh juga dapat dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh 0.001 < 0.05 dengan demikian penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah yang sudah ditentukan. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemampuan Metakognitif, Pencemaran Lingkungan, Open-Ended. ABSTRACT When the pre-research was carried out, it was found that there was still a lack of metacognitive abilities and learning motivation in class VII students at SMP PGRI 1 Merbau Mataram. Thus, this research was carried out with the aim of finding out whether the Open-Ended model assisted by Audio Visual Media has an influence on students' metacognitive abilities and learning motivation. This research is quantitative research using the Quasy Experiment method. The research instrument uses a description test with Environmental Pollution material and a non-test, namely a questionnaire. The research sample consisted of experimental and control classes, each class consisting of 30 students. The sample in this research was taken using a purposive sampling technique. The results of this research are that there is an influence of the Open-Ended learning model assisted by audio-visual media on students' metacognitive abilities and learning motivation. The difference in metacognitive abilities of the experimental and control classes is 71% and 67%. Meanwhile, the learning motivation of experimental class students was 91% and control class 88%. The existence of an influence can also be seen from the hypothesis test which obtained 0.001 < 0.05, thus this research can answer the problem formulation that has been determined. Keywords: Learning Motivation, Metacognitive Ability, Environmental Pollution, Open-Ended.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:19
Last Modified: 19 Dec 2023 05:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31640

Actions (login required)

View Item View Item