PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAQUL KARIMAH SISWA KELAS VII DI MTs N 01 OKU

MEGA, ANANDA PUTRI (2023) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAQUL KARIMAH SISWA KELAS VII DI MTs N 01 OKU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SIAP CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peran krusial dalam membina akhlak siswa. Melalui pembelajaran Akidah Akhlak yang komprehensif dalam membina akhlaqul karimah siswa telah menjadi fokus perhatian penelitian ini. Penelitian bertujuan mengeksplorasi bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa kelas VII di MTs N 01 OKU. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data yang bersifat naratif dari sumber primer dan sekunder. Proses pengumpulan datamenggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan konsep Miles dan Huberman, berupa reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion and verification). Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana dalam membina akhlak dilakukan, bagaimana siswa meresponsnya, serta bagaimana dampaknya terhadap kehidupan mereka. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam membina akhlaqul karimah melalui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang tidak hanya mencakup aspek akademis tetapi juga nilai-nilai akhlaqul karimah, melalui pendekatan individual dan kelompok. Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam membina akhlaqul karimah di luar kelas melalui kegiatan keagamaan rutin seperti sholat dhuha, istighosah, tahlil, dan pembacaan Asmaul Husna, Sholawat Nabi, dan saling bersalaman setiap pagi, sholat berjama'ah di Madrasah. Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam membina akhlaqul karimah di dalam kelas melalui metode interaktif seperti diskusi kelompok, merangkum akhlak-akhlak positif dari tokoh, dan tugas proyek sosial dalam masyarakat. Evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membina Akhlaqul karimah siswa, melalui pengamatan sikap siswa, refleksi berkala dan diskusi terbuka untuk memeriksa sejauh mana siswa menerapkan akhlaqul karimah yang diajarkan dalam perilaku mereka. Guru juga akan melakukan pendekatan individual jika ditemukan siswa yang memerlukan bantuan tambahan dalam menerapkan akhlaqul karimah siswa. Kata Kunci:Pembelajaran, Akidah Akhlak, Membina Akhlaqul karimah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:31
Last Modified: 18 Dec 2023 11:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31637

Actions (login required)

View Item View Item