TINJAUAN MAQASHID SYARIAH TERHADAP PROGRAM ELSIMIL (Elektronik Siap Nikah Dan Siap Hamil) BAGI PASANGAN CALON PENGANTIN (Studi di KUA Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur)

ZIDAN, FADLA ALFITRA (2023) TINJAUAN MAQASHID SYARIAH TERHADAP PROGRAM ELSIMIL (Elektronik Siap Nikah Dan Siap Hamil) BAGI PASANGAN CALON PENGANTIN (Studi di KUA Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZIDAN FADLA ALFITRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Aplikasi elsimil (elektronik siap nikah dan hamil) merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yang dapat diakses melalui sosial media. Aplikasi elsimil ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap kesehatan pasangan calon pengantin untuk mitigasi risiko melahirkan bayi stunting. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana penerapan program elsimil (elektronik siap nikah dan siap hamil) kepada pasangan calon pengantin di KUA Kecamatan Way Jepara dan bagaimana tinjauan maqashid syariah terhadap penerapan program elsimil (elektronik siap nikah dan siap hamil) bagi pasangan calon pengantin. Serta tujuan dari permasalahan ini untuk mengetahui penerapan program elsimil (elektronik siap nikah dan siap hamil) kepada pasangan calon pengantin di KUA Kecamatan Way Jepara dan untuk mengetahui tinjauan maqashid syariah terhadap penerapan program elsimil (elektronik siap nikah dan siap hamil) bagi pasangan calon pengantin. Jenis penelitian ini lapangan (field research), bersifat deskriptif dan sumber yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam pengumpulan data metode probability sampling dipilih untuk menentukan sampel penelitian. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif. Berdasarkan Hasil penelitian ini didapatkan fakta di lapangan bahwa penerapan aplikasi ini dengan cara memberikan edukasi dan tata cara dalam menggunakan aplikasi elsimil (elektronik siap nikah dan siap hamil) kepada pasangan calon pengantin, dengan memberikan arahan untuk mendownload aplikasi tersebut serta cara pengaplikasiannya. Sedangkan dalam pandangan maqashid syariah tentang program elsimil (elektronik siap nikah dan siap hamil) ini iii telah sesuai ataupun lebih banyak mendatangkan manfaat bagi penggunanya. Dengan salah satunya kita dapat menjaga keturunan yang mana diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mengurangi bahkan mencegah terjadinya kelahiran bayi stunting dan bagi pasangan calon pengantin bisa mendapatkan keturunan yang sehat dan baik. Kata Kunci : Elsimil, Maqashid Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:25
Last Modified: 18 Dec 2023 08:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31636

Actions (login required)

View Item View Item