STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG

RIAN, SAPUTRA (2023) STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS RIAN SAPUTRA..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalah dalam dunia pendidikan sekarang sangat komplek, dalam hal pergaulan bebas, arus globalisasi, pemanfaatan teknologi yang tidak dilandasi dengan pemahaman moral serta lingkungan yang tidak memiliki basis pengetahuan agama. Dalam hal ini Strategi pendidikan di sekolah adalah salah satu tempat untuk pembentukan karakter religius serta guru mempunyai peran dan strategi utama dalam pembentukan karakter religius. Pembiasaan dan ketauladanaan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter religius pada siswa. Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Melalui metode dan pendekatan tersebut peneliti berlaku sebagai instrumen utama untuk mendapatkan data dengan melalui wawancara dan observasi serta dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian di anlisis kemudian melalui tahap reduksi data, kemudian penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan. Hasil penelitian selanjutnya dicek keabsahannya melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. ) Strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam menanamkan karakter religius siswa di kelas industri SMP Insan Mandiri Bandar Lampung berjalan dengan baik. Guru menggukana terori Learning community (masyarakat belajar) Di dalam pembelajaran ini peserta didik akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru melalui adanya proses interaksi dengan sesama temannya, gurunya, maupun dengan lingkungannya termasuk juga dengan alam yang ada disekitarnya. 2) Faktor pendukung, sarana prasarana untuk menunjang Pendidikan siswa dalam melaksanakan praktek di lapangan, ekstrakulikuler bertujuan untuk menampung bakat dan minat siswa sesuai dengan keahliannya serta penanaman Pendidikan Karakter religius sebagai penunjang di luar materi pelajaran di kelas. Faktor penghambat , latar belakang siswa dari keluarga yang berbeda beda, teknologi informasi tanpa di imbangi ilmu pengetahuan. Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning (CTL), Karakter Religious, SMP Insan Mandiri Bandar Lampung vii ABSTRACT Problems in the world of education are now very complex, in terms of promiscuity, globalization, the use of technology that is not based on moral understanding and an environment that does not have a religious knowledge base. In this case the education strategy in schools is a place for the formation of religious character and teachers have the main role and strategy in forming religious character. Habituation and example is one way that can be done to shape the religious character of students. In this study, researchers used a qualitative and descriptive research approach. Through these methods and approaches the researcher acts as the main instrument for obtaining data through interviews and observation as well as documentation. The data collected is then analyzed then goes through the data reduction stage, then presents the data, and ends with a conclusion. The validity of the research results was then checked through data triangulation. The results of this study indicate that: 1.) The contextual teaching and learning (CTL) learning strategy in instilling the religious character of students in the industrial class of SMP Insan Mandiri Bandar Lampung is going well. The teacher uses the theory of learning community (learning community). In this learning, students will gain new knowledge through a process of interaction with their fellow friends, teachers, as well as with their environment, including the natural world around them. 2) Supporting factors, infrastructure to support student education in carrying out practice in the field, extracurriculars aim to accommodate students' talents and interests according to their expertise and inculcate religious character education as a support outside of the subject matter in class. Inhibiting factors, the background of students from different families, information technology without being balanced with knowledge. Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL), Religious Character, SMP Insan Mandiri Bandar Lampung viii خُلَّاصَةٌ أَصْبَحَتْ المَشاكِلُ فِي عالَمِ التَّعْليمِ الآنَ مُعَقَّدَةً لِلْغَايَةِ ، مِنْ حَيْثُ الِاخْتِلاطُ والْعَوْلَمَةُ واسْتِخْدامُ التِّكْنُولُوجْيَا اَلَّتِي لَا تَقومُ عَلَى الفَهْمِ الأَخْلاقيِّ والْبيئَةِ اَلَّتِي لَا تَحْتَوِي عَلَى قاعِدَةٍ مَعْرِفيَّةٍ دينيَّةٍ . فِي هَذِهِ الحالَةِ ، تُعْتَبَرُ اسْتِراتيجيَّةُ التَّعْليمِ فِي المَدارِسِ مَكَانًا لِتَكْوِينِ الشَّخْصيَّةِ الدّينيَّةِ ، وَلِلْمُعَلِّمِينَ الدَّوْرَ الرَّئيسيَّ والِاسْتِراتيجيَّةِ فِي تَكْوينِ الشَّخْصيَّةِ الدّينيَّةِ . التَّعَوُّدُ والْقُدْوَةُ هِيَ إِحْدَى الطُّرُقِ اَلَّتِي يُمْكِنُ الْقِيَامُ بِهَا لِتَشْكِيلِ الشَّخْصيَّةِ الدّينيَّةِ لِلطُّلَّابِ  فِي هَذِهِ الدِّراسَةِ ، اسْتُخْدِمَ البَاحِثُونَ مَنْهَجًا بَحْثيًّا نَوْعِيًّا وَصْفيًّا . مِنْ خِلالِ هَذِهِ الأَساليبِ والْمَناهِجِ ، يَعْمَلُ الباحِثُ كَأَداةٍ رَئيسيَّةٍ لِلْحُصُولِ عَلَى البَيَانَاتِ مِنْ خِلالِ المُقَابَلَاتِ والْمُلاحَظَةِ وَكَذَلِكَ التَّوْثيقِ . ثُمَّ يَتِمُّ تَحْليلُ البَيَانَاتِ اَلَّتِي تَمَّ جَمْعُها ثُمَّ تَمُرُّ بِمَرْحَلَةِ تَقْليلِ البَيَانَاتِ ، ثُمَّ تَقَدَّمُ البَيَانَاتِ ، وَتَنْتَهي بِاسْتِنْتاجٍ . ثُمَّ تَمَّ التَّحَقُّقُ مِنْ صِحَّةِ نَتائِجِ البَحْثِ مِنْ خِلالِ تَثْليثِ البَيَانَاتِ . تُشِيرُ نَتائِجُ هَذِهِ الدِّراسَةِ إِلَى مَا يَلِي تَسيرُ اسْتِراتيجيَّةُ التَّعَلُّمِ فِي سِيَاقِ التَّعْليمِ والتَّعَلُّمِ فِي غَرَسِ الطّابَعِ الدّينيِّ لِلطُّلَّابِ فِي الصَّفِّ الصِّناعيِّ مِنْ بِشَكْلٍ جَيِّدٍ . يُسْتَخْدَمُ المُعَلِّمُ نَظَريَّةَ مُجْتَمَعِ التَّعَلُّمِ ( مُجْتَمَعِ التَّعَلُّمِ ) . فِي هَذَا التَّعَلُّمِ ، سَيَكْتَسِبُ الطُّلّابُ مَعْرِفَةً جَديدَةً مِنْ خِلالِ عَمَليَّةِ التَّفاعُلِ مَعَ زُمَلَائِهِمْ الأَصْدِقَاءِ وَالمُعَلِّمِينَ وَكَذَلِكَ مَعَ بيئَتِهِمْ ، بِمَا فِي ذَلِكَ العالَمُ الطَّبيعيُّ مِنْ حَوْلِهِمْ . 2 ) العَوامِلُ الدّاعِمَةُ والْبِنْيَةُ التَّحْتيَّةُ لِدَعْمِ تَعْليمِ الطُّلّابِ فِي مُمارَسَةِ المُمارَسَةِ فِي هَذَا المَجالِ ، تَهْدِفُ المَناهِجُ اللَّامِنْهَجِيَّةُ إِلَى اسْتيعابِ مَواهِبِ الطُّلّابِ وَاهْتِماماتِهِمْ وَفْقًا لِخِبْراتِهِمْ وَغَرْسِ تَعْليمِ الشَّخْصيَّةِ الدّينيَّةِ كَدَعْمٍ خارِجَ المَوْضوعِ فِي الفَصْلِ . العَوامِلُ اَلْمُثَبَّطَةُ ، خَلْفيَّةُ الطُّلّابِ مِنْ عائِلاتٍ مُخْتَلِفَةٍ ، تِكْنُولُوجْيَا المَعْلُومَاتِ دُونَ أَنْ تَكونَ مُتَوازِنَةً مَعَ المَعْرِفَةِ . الكلمات المفتاحية: التعليم والتعلم السياقي ، الشخصية الدينية ،

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:14
Last Modified: 19 Dec 2023 11:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31635

Actions (login required)

View Item View Item