KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENANGANI PERILAKU MALADAPTIF SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL�KHAIRIYAH KRAWANGSARI NATAR LAMPUNG SELATAN

ITA, RAHMAWATI (2023) KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENANGANI PERILAKU MALADAPTIF SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL�KHAIRIYAH KRAWANGSARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ITA RAHMAWATI 1941040070.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa kelas XI berperilaku maladaptif disekolah seperti tidak hadir tanpa keterangan, membolos membawa handphone, tidak mengerjakan tugas, ribut atau tertidur dikelas dan berkata kasar. Perilaku tersebut tentu dapat menimbulkan dampak buruk bagi siswa karena sangat berkaitan dengan keberhasilan belajarnya, maka konselor mengadakan penanganan melalui layanan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan behavioral dalam menangani perilaku maladaptif siswa kelas XI di MA Al-Khairiyah Krawangsari Natar Lampung selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu 1 konselor, 1 wali kelas XI dan 5 siswa kelas XI berperilaku maladaptif yang dipilih dengan purposive sampling, jadi keseluruhan sumber data berjumlah 7 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan behavioral dalam menangani perilaku maladaptif siswa kelas XI di MA Al-Khairiyah Krawangsari Natar Lampung Selatan melalui beberapa tahapan, diawali asesmen dan menetapkan tujuan, kemudian tahapan di ruang konseling yaitu: Pertama persiapan. Kedua rapport. Ketiga pendekatan masalah dengan mempersilahkan klien menceritakan masalahnya. Keempat pengungkapan faktor penyebab melakukan maladaptif. Kelima diagnostik, konselor mengungkapkan kembali masalah dan faktor penyebabnya. Keenam prognosa yaitu mendiskusikan rencana pemberian bantuan. Ketujuh treatment teknik kontrak perilaku, dengan memilih perilaku klien yang akan diubah, menentukan data awal perilaku, menentukan jenis penguatan yang diterapkan dan menuliskan kontrak. Dilanjutkan dengan evaluasi dan mengakhiri konseling. Kesimpulan penelitian ini bahwa konseling individu dengan pendekatan behavioral telah dilaksanakan dengan baik namun belum maksimal, karena terdapat tahapan yang sesuai dan tidak sesuai dengan teori, dan hasil setelah diberikan konseling masih terdapat siswa yang melakukan perilaku maladaptif. Kata Kunci: Konseling Individu Pendekatan Behavioral, dan Maladaptif. iii ABSTRACT This research is motivated by the existence of class XI students behaving maladaptively at school such as absent without information, skipping class, carrying cellphones, not doing assignments, making noise or falling asleep in class and saying rude words. This behavior can certainly have a negative impact on students because it is closely related to their learning success, so the counselor conducts treatment through counseling services. This study aims to describe the implementation of individual counseling with a behavioral approach in handling maladaptive behavior of class XI students at MA Al�Khairiyah Krawangsari Natar South Lampung. This research is descriptive qualitative research, with the type of field research (Field Research). The data collection methods used are interviews, observation, and documentation. The data sources of this study were 1 counselor, 1 homeroom teacher class XI and 5 students of class XI behaving maladaptively who were selected by purposive sampling, so the total number of data sources was 7 people. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study are the implementation of individual counseling with a behavioral approach in dealing with maladaptive behavior of class XI students at MA Al-Khairiyah Krawangsari Natar South Lampung through several stages, starting with assessment and setting goals, then the stages in the counseling room, namely: First preparation. Second rapport. Third approach to the problem by inviting the client to tell his problem. Fourth, disclosing the factors that cause maladaptive behavior. Fifth diagnostics, the counselor re�discloses the problem and the factors that cause it. Sixth prognosis, namely discussing plan for providing assistance. Seventh treatment of behavior contract techniques, by selecting client behavior to be changed, determining the initial data on behavior, determining the type of reinforcement applied and writing a contract. Followed by evaluation and ending counseling. The conclusion of this study is that individual counseling with a behavioral approach has been carried out well but not optimally, because there are stages that are in accordance and not in accordance with the theory, and after being given counseling there are still students who do maladaptive behavior. Keywords: Individual Counseling, Behavioral Approach, and Maladaptive.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:02
Last Modified: 18 Dec 2023 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31633

Actions (login required)

View Item View Item