TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TENTANG JUAL BELI KUE ULANG TAHUN DENGAN SISTEM PESANAN (Studi di Desa Srikaton Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah)

TRI, EKA YANI (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TENTANG JUAL BELI KUE ULANG TAHUN DENGAN SISTEM PESANAN (Studi di Desa Srikaton Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI EKA YANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam praktik muamalah islam dikenal beberapa bentuk transaksi, salah satunya adalah transaksi jual beli salam (pesanan).Jual beli salam adalah jual beli barang dengan penyerahan barangnya ditangguhkan diantara pembeli dengan penjual. Spesifikasi dan harga barang pesanan harus sudah disepakati diawal akad, sedangkan pembayaran dilakukan di muka secara penuh.Jual beli kue ulang tahun dengan sistem pesanan merupakan jual beli yang dipraktikan di Desa Srikaton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiman praktik jual beli kue ulang tahun dengan sistem pesanan di Desa Srikaton Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah? dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari'ah tentang jual beli kue ulang tahun dengan sistem pesanan di Desa Srikaton Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli kue ulang tahun dengan sistem pesanan dan tinjauan hukum ekonomi syari'ah tentang jual beli kue ulang tahun dengan sistem pesanan di Desa Srikaton Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data-data sesuai dengan yang sebenarnya kemudian data-data tersebut disusun, diolah dan dianalisis untuk dapat memberikan gambaran mengenai masalah yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisismenggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berpikir, menggunakan metode berpikir deduktif yaitu cara berpikir yang dimulai dari data-data atau fakta yang bersifat khusus, kemudian diambil suatu kesimpulan yang bersifat umum sehingga menjadi sebuah pengetahuan baru. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa praktik jual beli kue ulang tahun dengan sistem pesanan di Desa Srikaton Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah menunjukan bahwa ditinjau dari hukum islam dianggap batal karena iii tidak terpenuhi secara keseluruhan rukun dan syarat akad salam dan dianggap tidak sesuai dengan syariat hukum islam karena sengaja merugikan orang lain serta objek barang yang ditransaksikan sesuatu yang tidak jelas atau barang kualitas rendah, dan pesanan tidak sesuai dengan akad diawal. Kata kunci: Jual Beli, As-Salam, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:43
Last Modified: 18 Dec 2023 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31628

Actions (login required)

View Item View Item