ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS V MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI

MARLENA, Lembak (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS V MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARLENA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa dan untuk mengetahui faktor�faktor penghambat dan pendukung dalam upaya meningkatkan kecerdasan sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data/subjek penelitian ini pendidik kelas V di MI Nurul Islam 2 Karang Sari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru dalam upaya meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik di MI Nurul Islam 2 Karang Sari sudah dijalankan oleh guru kelas V, yaitu dengan memberi pengajaran dan contoh kepada siswa pada tingkat kecerdasan sosial setiap peserta didik pada lingkup mengenali lingkungan mereka sendiri, memotivasi diri sendiri pada peserta didik, serta mengajarkan peserta didik untuk mengenali lingkungan, dan membina hubungan baik dengan temannya. peranan ini di terapkan guru dengan menjalankan perannya sebagai demonstrator, fasilitator, motivator, serta mediator sehingga peserta didik dapat bersosialisai dengan baik. Sedangkan faktor pendukung peningkatan kecerdasan sosial peserta didik di MI Nurul Islam 2 Karang Sari adanya kerja sama antara pendidik dan orang tua anak serta kondisi lingkungan sekolah anak. Sedangkan faktor penghambat nya adalah orang tua, lingkungan, diri Sendiri. Kata Kunci: Pendidik, Kecerdasan sosial, MI iii ABSTRACT This research aims to describe the role of educators in increasing students' social intelligence and to determine the inhibiting and supporting factors in efforts to increase children's social intelligence. This research is descriptive research with a qualitative approach. The data source/research subject is a fifth grade educator at MI Nurul Islam 2 Karang Sari. Data collection was carried out using interview techniques and documentation. The techniques used in data analysis are data display, data reduction, and drawing conclusions. Triangulation is carried out to explain the validity of the data using sources. The results of the research show that the role of teachers in efforts to increase the social intelligence of students at MI Nurul Islam 2 Karang Sari has been carried out by class V teachers, namely by providing teaching and examples to students at the level of social intelligence of each student in the scope of recognizing their own environment, motivating themselves to students, as well as teaching students to recognize the environment, and build good relationships with their friends. This role is implemented by teachers by carrying out their roles as demonstrators, facilitators, motivators and mediators so that students can socialize well. Meanwhile, the supporting factors for increasing the social intelligence of students at MI Nurul Islam 2 Karang Sari are cooperation between educators and the children's parents as well as the conditions of the children's school environment. Meanwhile, the inhibiting factors are parents, environment, and oneself. Keywords: Educator, Social intelligence, MI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:47
Last Modified: 18 Dec 2023 11:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31619

Actions (login required)

View Item View Item