PENGARUH KEBIJAKAN SPIN-OFF, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2022)

NABILA, PITRIA KHOLIZA (2023) PENGARUH KEBIJAKAN SPIN-OFF, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI NABILA PITRIA KHOLIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pada tahun 2009, Bank Indonesia mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/10/PBI/2009 dimana pada pasal 3 terdapat peraturan yang menjelaskan tentang perubahan Unit Usaha Syariah menjadi Bank Umum Syariah yang harus dilakukan paling lambat bulan Juli tahun 2023. Hal ini dipicu dengan berkembangnya perbankan syariah saat ini cukup pesat. Selain itu, salah satu ketentuan dalam UU 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah adalah kewajiban bagi Bank Umum Konvensional untuk melakukan Spin-Off atas Unit Usaha Syariah yang dimilikinya dan dikonversi menjadi Bank Umum Syariah Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kebijakan Spin-Off, Financing To Deposit Ratio, dan Non Performing Financing terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Jumlah Bank Umum Syariah yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 5 bank umum Syariah yang melakukan spin-off murni maupun sebagian dengan 30 laporan tahunan dari tahun 2017 sampai tahun 2022. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan eviews 9. Dalam penelitian ini diperoleh hasil kesimpulan bahwa Kebijakan spin-off berpengaruh positif dan signifikian terhadap variabel profitabilitas (return on asset). Pada pengujian selanjutya Financing To Deposit Ratio berpengaruh positif dan signifikian terhadap variabel (return on asset). Dan pada uji variabel Non Performing Financing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel profitabilitas (return on asset). Sedangkan pada uji Secara simultan ketiga variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (return on asset). Saat keseluruhan variabel di uji secara bersama-sama maka akan lebih kuat berpengaruh terhadap profitabilitas (return on asset). Kata: Kebijakan Spin-Off, Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:40
Last Modified: 18 Dec 2023 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31612

Actions (login required)

View Item View Item