KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQIH DALAM PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS VIII MTS AL-KHAIRIYAH BANDAR LAMPUNG

ADE, WAHID SAPUTRA (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQIH DALAM PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS VIII MTS AL-KHAIRIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+2&dapus.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi FULL ADE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Guru mampu mengelola pembelajaran di kelas yaitu dengan menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang kondusif, agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik. Jika kondisi kelas belum kondusif maka guru harus berusaha seoptimal mungkin untuk dapat membenahinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogi guru Fiqih dalam mengelola pembelajaran di MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Kompetensi pedagogik tersebut adalah kemampuan guru dalam memahami siswa, merancang dan melaksanakanpengelolan proses pembelajaran, melaksanakan evaluasi dan mengembangkan potensi siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan kejadian di lapangan sebagaimana adanya.Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber primer dalam penelitian ini ialah Guru Mata pelajaran Fiqih, Kepala Madrasah, Guru SKI dan Aqidah Akhlak dan siswa. Sedangkan analisis data dengan menggunakan model yang meliputi penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru memiliki kompetensi dalam memahami siswa dengan memperhatikan karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual. Dalam merancang dan melaksanakan pengelolan proses pembelajaran yaitu dengan mempersiapkan program tahunan, program semester, silabus, RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), KKM (kriteria ketuntasan minimal), bahan ajar, materi ajar, juga bank soal dan dalam pelaksanaannya dengan menggunakan berbagai metode, strategi, pendekatan, memanfaatkan teknologi informasi, memanfaatkan teknologi sebagai sarana belajar sangat ditekankan pada guru untuk menarik responsif belajar siswa agar siswa mudah memahami materi yang telah disampaikan. Sedangkan dalam melaksanakan evaluasi dengan melihat aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dan evaluasi iv dilakukan secara bertahap yaitu harian, bulanan, mid semester dan semester.Selanjutnya dalam mengembangkan potensi siswa guru sebagai fasilitator dengan memberi kesempatan secara maksimal untukmengaktualisasikan dan mengembangkan potensi siswa. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih v ABSTRACT Teachers are able to manage learning in the classroom, namely by creating and maintaining conducive learning conditions, so that the teaching and learning process can take place well. If class conditions are not conducive, the teacher must try as optimally as possible to improve them. This research aims to find out how the pedagogical competence of Fiqh teachers is in managing learning at MTs Al�Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Pedagogical competency is the teacher's ability to understand students, design and implement management of the learning process, carry out evaluations and develop student potential. This type of research is qualitative research with a descriptive approach, namely research that attempts to describe events in the field as they really are. And the data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The primary sources in this research are Fiqh Subject Teachers, Madrasah Heads, SKI and Aqidah Akhlak teachers and students. Meanwhile, data analysis uses a model which includes data presentation, data reduction and drawing conclusions (verification). The research results concluded that teachers have competence in understanding students by paying attention to student characteristics from physical, moral, social, cultural, emotional and intellectual aspects. In designing and implementing the management of the learning process, namely by preparing the annual program, semester program, syllabus, RPP (learning implementation plan), KKM (minimum completeness criteria), teaching materials, also question banks and in its implementation using various methods, strategies , approach, utilizing information technology, using technology as a learning tool is emphasized by teachers to attract students’ responsive learning so that students can easily understand the material that has been presented. Meanwhile, carrying out evaluations looks at cognitive, affective and psychomotor aspects and evaluations are carried out in stages, namely daily, monthly, mid-semester and semester. Furthermore, in developing students' potential, teachers act vi as facilitators by providing maximum opportunities to actualize and develop students' potential. Keywords: Pedagogical Competence of Fiqh Teachers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:47
Last Modified: 15 Dec 2023 09:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31608

Actions (login required)

View Item View Item