UTANG PIUTANG PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Sindang Sari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)

Adelia, Saputri (2023) UTANG PIUTANG PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Sindang Sari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADELIA SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Utang Piutang merupakan persoalan yang tidak bisa dipisahkan dalam interaksi kehidupan manusia.Ketidak merataan dalam hal materi adalah salah satu contoh penyebab munculnya masalah ini.Selain itu juga adanya pihak yang menyediakan jasa pinjaman (utang) juga ikut mengambil bagian dalam transaksi ini.Seperti halnya Islam sebagai agama yang mengatur segala urusan pada kehidupan manusia juga mengatur mengenai masalah utang piutang.Konsep utang piutang yang ada dalam Islam pada dasarnya untuk memberikan kemudahan bagi orang yang kesusahan, namun pada zaman kini konsep muamalah sedikit banyak sudah bercampur menggunakan konsep-konsep yang diadopsi bedasarkan dari luarIslam. Salah satu praktek muamalah adalah utang piutang antara masyarakat setempat dengan Lembaga Perekonomian Desa yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang mana di dalam praktek muamalah ini terdapat masalah bahwa banyak masyarakat yang melakukan pinjaman dan sudah baik ikut berpartisispasi dalam memanfaatkan Lembaga Perekonomian yang ada di desa namun masyarakat ada yang tidak melunasi utangnya sesuai kesepakatan waktu yang telah ditentukan.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui 1) Bagaimana Utang-Piutang pada Badan Usaha Milik Desa di Desa Sindang Sari 2) BagaimanaTinjauan Hukum Ekonomi Syariah mengenai Utang-Piutang pada Badan Usaha Milik Desa di Desa Sindang Sari dan tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana utang-piutang di BUMDES Sindang Sari 2) Untuk mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah mengenai utang-piutang pada BUMDES Sindang Sari Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini di ambil dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan pihak dari BUMDES Sindang Sari Kecamatan Tanjung Bintang KabupatenLampung Selatan, Adapun data sekunder diperoleh dari Al-Qur’an, Hadits, buku-buku yang relevan dengan iii penelitian, jurnal hukum, dokumen, dan karya ilmiah lainnya. Metode analisis data yang di gunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan metode berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dalam penyelesaiannya adanya bunga di 3 bulan pertama dan apabila melwati dari 3 bulan pertama maka nasabah harus membayarkan denda sebesar 3% pertiap bulannya hingga nasabah mampu menyelesaikan utang nya di BUMDES dan Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah mengenai penyelesaian Utang-Piutang pada BUMDES Sindang Sari mengandung unsur riba qard karena terdapat unsur yaitu mencari keuntunga sepihak yang dimana adanya tambahan denda sebesar 3% dalam pengembalian utang-piutang. Kata Kunci:Utang-Piutang, Badan Usaha Milik Desa, Tinjuan Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:41
Last Modified: 15 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31606

Actions (login required)

View Item View Item