KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DAN BUYA HAMKA

YUKI, ARYANI (2023) KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DAN BUYA HAMKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YUKI ARYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, karena dengan pendidikan seseorang dapat mencapai kehidupan yang lebih baik dan mempunyai wawasan yang lebih luas. Pendidikan itu sendiri merupakan suatu alat yang berupa usaha untuk menumbuhkan, mengembangkan, memperbaiki, mengurus, memimpin, mengawasi dan menjaga anak didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap metode pembelajaran anak. Hal ini dimaksudkan agar anak memiliki kemampuan intelegensi yang memadai, kemampuan bersosialisasi, serta memiliki akhlak yang baik. Lingkungan pertama dalam pendidikan islam adalah lingkungan keluarga, orang tua menentukan pola asuh pembinaan anak, dan setiap fase memiliki karakteristik khusus yang membedakan dari fase-fase pertumbuhan yang lain. Bagi anak orang tua adalah model yang harus ditiru dan diteladani, sikap orang tua harus mencerminkan akhlak yang mulia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Buya Hamka ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan anak, baik dan ideal menurut cendikiawan muslim yang berkecimpung dalam bidang dakwah dan pendidikan yaitu Abdullah Nashih Ulwan dan Buya Hamka. Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber data primernya.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, serta metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dapat diambil kesimpulan yaitu: pertama pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan, menunjukkah bahwa pendidikan itu tidak hanya berfungsi membangun intelektualitas seseorang, tetapi lebih pada upaya membangun kesadaran manusia agar memiliki kesadaran bertauhid. Kedua konsep pendidikan yang diuraikan Abdullah Nashih Ulwan dengan pemberian kebebasan kepada anak didik yakni memberi kesempatan kepada anak untuk memilih hal-hal baik dan benar. Ketiga metode pendidikan anak menurut Abdullah Nashih Ulwan terdiri dari metode pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan memberikan perhatian, dan pendidikan dengan memberikan hukuman. Sedangkan Buya Hamka berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Konsekuensi proses pendidikan anak bertujuan menjadikan anak iv sebagaihamba Allah yang taat menjalankan perintah dan menjauhi segala laranganNya. Kata Kunci : Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih „Ulwan dan Buya Hamka v ABSTRACT Education is very important for humans, because with education one can achieve a better life and have broader insights. Education itself is a tool in the form of efforts to grow, develop, improve, manage, lead, supervise and look after students. Therefore, it is necessary to evaluate children's learning methods. This is intended so that children have adequate intelligence abilities, social skills, and have good morals. The first environment in Islamic education is the family environment, parents determine the child's upbringing, and each phase has special characteristics that distinguish it from other growth phases. For children, parents are a model that must be emulated and emulated, the attitude of parents must reflect noble character. The formulation of the problem in this study is how is the concept of children's education according to Abdullah Nashih Ulwan and Buya Hamka? This study aims to determine the concept of good and ideal children's education according to Muslim scholars who are involved in da'wah and education, namely Abdullah Nasih Ulwan and Buya Hamka. The research in this thesis is library research with primary data sources. The data collection technique used in this research is documentation, and the method used to analyze the data is content analysis. The results of the study concluded that conclusions can be drawn, namely: first Abdullah Nashih Ulwan's thoughts on education, indicating that education does not only function to build one's intellect, but rather as an effort to build human awareness so that they have monotheistic awareness. The two educational concepts described by Abdullah Nashih Ulwan by giving freedom to students are giving children the opportunity to choose good and right things. The three methods of child education according to Abdullah Nashih Ulwan consist of exemplary education methods, education with customs, education with advice, education by giving attention, and education by giving punishment. Meanwhile, Buya Hamka believes that the purpose of education is to achieve happiness in the world and happiness in the hereafter. The consequences of the child's education process aim to make children as servants of Allah who obey to carry out orders and stay away from all His prohibitions. Keywords: The Concept of Children's Education According to Abdullah Nashih 'Ulwan and Buya Hamka

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:19
Last Modified: 15 Dec 2023 09:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31599

Actions (login required)

View Item View Item