PUPUT, ANGELLICA (2023) IMPLEMENTASI SENAM FANTASI UNTUK MENGEMBANGKAN FISIK MOTORIK ANAK DI TK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan baik rohani maupun jasmani agar anak lebih siap dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Anak usia dini dalam perkembangan fisiknya sangat berkaitan dengan perkembangan motorik anak. Penanaman motorik yang benar dan pengembangan yang optimal tidak terlepas dari peran guru yang dapat memfasilitasi kebutuhan anak yang akan mendukung perkembangan motorik anak yaitu melalui senam fantasi sebagai stimulus perkembangan fisik motorik anak usia dini. Peran guru dalam proses pembelajaran tidak terlepas bagaimana guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, media yang digunakan oleh guru menarik bagi anak dan dapat menstimulus perkembangan fisik motorik anak usia dini. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat proses implementasi senam fantasi untuk mengembangkan fisik motorik anak usia dini di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskritptif dengan subjek penelitian adalah 15 orang peserta didik dan 2 orang guru di kelas B2 TK Negeri 2 Bandar Lampung. Sedangkan objek penelitian ini yaitu mengembangkan fisik motorik anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan lagu dan video senam Bebek Berenang sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan fisik motorik kasar anak melalui gerak senam fantasi Bebek Berenang di kelas B2 TK Negeri 2 Bandar Lampung sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Implementasi Senam Fantasi Untuk Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini Di TK Negeri 2 Bandar Lampung dilaksanakan melalui 3 tahap, pertama tahap persiapan atau tahap perencanaan, yaitu dengan mempersiapkan RPPH, menyiapkan media penunjang pembelajaran, dan menyiapkan hadiah (reward), kedua tahap pelaksanaan yang diawali dengan berdoa bersama, merapikan barisan dilanjutkan senam fantasi Bebek Berenang secara bersama, tahap ketiga evaluasi dengan memberikan umpan balik ke iv anak,pemberian reward, dan melakukan penilaian perkembangan motorik kasar dengan lembar penilaian yang disiapkan. Dalam kegiatan senam fantasi Bebek Berenang untuk mengembangkan fisik motorik anak usia dini masih terdapat kekurangan diantaranya yaitu kondisi anak, durasi senam yang terlalu lama, tidak ada judul senam fantasi yang terbaru sehingga anak-anak merasa bosan dengan cerita yang sama. Kata Kunci : Senam Fantasi, Perkembangan Fisik Motorik, Anak Usia Dini. v ABSTRACT Early Childhood Education (PAUD) is a development effort aimed at children from birth to six years of age which is carried out by providing educational stimulation, both spiritual and physical, so that children are better prepared to continue higher education. Early childhood physical development is closely related to children's motoric development. Instilling correct motor skills and optimal development cannot be separated from the role of teachers who can facilitate children's needs which will support children's motor development, namely through fantasy gymnastics as a stimulus for physical motor development in early childhood. The role of the teacher in the learning process cannot be separated from how the teacher creates a pleasant learning atmosphere, the media used by the teacher is attractive to children and can stimulate the physical motor development of early childhood. Thus, the aim of this research is to look at the process of implementing fantasy gymnastics to develop physical motor skills in early childhood at TK Negeri 2 Bandar Lampung. This research uses a qualitative type of research with a descriptive research design with the research subjects being 15 students and 2 teachers in class B2 of TK Negeri 2 Bandar Lampung. Meanwhile, the object of this research is to develop the physical motor skills of children aged 5-6 years by using the Bebek Swimming exercise song and video as learning media. The results of this research show that children's gross motor physical abilities through the Swimming Duck fantasy exercise in class B2 at TK Negeri 2 Bandar Lampung have developed according to expectations (BSH). The implementation of Fantasy Gymnastics to develop physical motor skills in early childhood at TK Negeri 2 Bandar Lampung is carried out in 3 stages, the first is the preparation stage or planning stage, namely by preparing the RPPH, preparing learning support media, and preparing prizes, the second is the implementation stage which begins by praying together, tidying up the rows, followed by the Duck Swimming fantasy exercise together, the third stage of evaluation is by providing feedback to the children, vi giving rewards, and assessing gross motoric development using the assessment sheet prepared. In the Duck Swimming fantasy gymnastics activity to develop physical motor skills in young children, there are still shortcomings, including the condition of the children, the duration of the gymnastics is too long, there are no new fantasy gymnastics titles so children feel bored with the same stories. Keywords: Fantasy Gymnastics, Physical Motor Development, Early Childhood
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 06:54 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 09:35 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31596 |
Actions (login required)
View Item |