PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

NINDI, FAUZIAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NINDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan kognitif adalah keterampilan berbasis otak yang diperlukan untuk melakukan tugas ataupun dari yang sederhana hingga yang paling kompleks. Perkembangan kognitif berfokus pada keterampilan belajar, pemecahan masalah, rasional dan mengingat. Salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif adalah kantong berhitung. Kantong berhitung adalah media pembelajaran yang berbentuk kantong terbuat dari triplek. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu guru masih belum kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran dan media pembelajaran kantong berhitung belum pernah diterapkan pada sekolah PAUD Ananda Pasuruan dan TK PGRI Pasuruan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran kantong berhitung ini layak dikembangkan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research dan Development (RnD) dengan menggunakan prosedur ADDIE. Langkah-langkah penelitian ini meliputi : 1) Analisis (Analyze), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini diuji cobakan di 2 sekolah yaitu PAUD Ananda Pasuruan dengan jumlah 24 peserta didik dan TK PGRI Pasuruan dengan jumlah 15 peserta didik. Penelitian dilakukan validasi ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan angket yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap instrumen. Hasil penilaian terhadap kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan rata-rata 3,43 mendapatkan peserntase 94,16% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian oleh ahli materi menunjukkan rata-rata 3 mendapatkan persentase 75% dengan kriteria “Layak”. Penilaian oleh guru kelompok besar menunjukkan rata-rata 3,5 mendapatkan persentase 71,36% dengan kriteria “Layak” dan penilaian oleh guru kelompok kecil menunjukkan rata-rata 3,43 mendapatkan persentase 63,3% dengan kriteria “Layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengasilkan produk berupa media iv pembelajaran kantong berhitung yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar menghasilkan produk berupa media pembelajaran kantong berhitung untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Kata Kunci : Kognitif, Media Pembelajaran, Kantong Berhitung v ABSTRACT Cognitive ability is a brain-based skill required to perform tasks, ranging from the simplest to the most complex. Cognitive development focuses on learning skills, problem-solving, reasoning, and memorizing. One of the tools that can enchange cognitive abilities is Kantong Berhitung. Kantong Berhitung is a learning tool which has a shape such a bag that was created from wooden material. The problem in this research was that teachers have not developed the teaching media creatively yet, meanwhile kantong berhitung teaching media had never been applied at PAUD Ananda Pasuruan and also at TK PGRI Pasuruan. The objective of this research was to determine whether the kantong berhitung teaching media was suitable for developing symbolic thinking and cognitive develpment or not. This research used the Research dan Development (RnD) method with ADDIE procedure which includes: 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. The research was tried out at two schools. There were PAUD Ananda Pasuruan with 24 students and TK PGRI Pasuruan with 15 students. The research also had been validated by teaching material/subject experts and teaching media experts. The data were collected by using observation, interviews, documentation, and questionnaires used for instrument assesment. The assesment of media suitability by media experts showed an averaage score of 3,43 with a percentage of 94,16% indicating “Very Suitable”. The assesment by subject matter experts showed a average score of 3 with a percentage of 75% indicating “Suitable”. The assesment by large group teachers showed an average score of 3,5 with a percentage of 71,36% indicating “Suitable” and the assesment by small group teachers showed an average score of 3,43 with a percentage of 63,3% indicating “Suitable”. The research results indicated that producing of kantong berhitung teaching media vi prodeced in this research development was suitable to use as a teaching material to enchance the cognitive abilities of chilhood. Keyword : Cognitive, Teaching Media, Kantong Berhitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 06:49
Last Modified: 15 Dec 2023 09:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31595

Actions (login required)

View Item View Item