TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 38 PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUASIN NOMOR 22 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan)

ANDORIO, Abu Yusuf (2023) TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 38 PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUASIN NOMOR 22 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of CETAK SKRIPSI ANDORIO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sampah sebagai salah satu masalah yang besar menuntut perhatian secara khusus dari pemerintah. Dalam menghadapi permasalahan tersebut Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin melakukan upaya-upaya untuk bisa mengatasinya, salah satunya dengan ditetapkan Pasal 38 Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Implementasi Pasal 38 Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, 2) Bagaimana Tinjauan Fikih Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 38 Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pasal 38 Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan), dan untuk mengetahui Tinjauan Fikih Siyasah terhadap Implementasi Pasal 38 Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan). Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data, rekonstruksi data, dan sistematis data. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dan menggunakan metode berpikir induktif. Berdasarkan hasil analisis penelitian, Implementasi Pasal 38 Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin No 22 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah terhadap masyarakat Desa Merah mata belum terlaksana dengan baik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin karena untuk sosialisasi kepada masyarakat yang masih kurang baik, dan pemberian sanksi dalam pasal 47 Perda Kabupaten Banyuasin Tentang Pengelolaan Sampah berupa teguran tertulis paling banyak 3 (tiga kali), uang paksa dan pencabutan izin untuk para pelaku pembuangan sampah belum sesuai dan kurangnya pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin terhadap masyarakat yang membuat pengelolaan sampah masih belum berjalan secara maksimal. Dalam tinjauan Fikih Siyasah Tanfidziyyah pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 22 Tahun 2012 Pasal 38 di Dinas Lingkungan Hidup belum terlaksana dengan baik, karena masih tidak menjalankan amanahnya sebagai pemerintah yang tidak bertanggung jawab pada dirinya sendiri saja dia juga harus memikul tanggung jawab sesama mahluk hidup lainnya dan seluruh alam termasuk dalam menjaga lingkungan dari persoalan sampah ini. Artinya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin selaku pelaksana belum Amanah dalam melaksanakan tugasnya. Kata kunci: Fikih Siyasah, Sampah, dan Peraturan Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:35
Last Modified: 15 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31590

Actions (login required)

View Item View Item