PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PURWODADI SIMPANG LAMPUNG SELATAN

Dina, Delisa Paradita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PURWODADI SIMPANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectuall) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Purwodadi Simpang Lampung Selatan Oleh Dina Delisa Paradita Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar merupakan pondasi awal dalam menciptakan siswa-siswa yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap ilmiah. Pembelajaran IPA diarahkan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya merupakan penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan dan pembentukan sikap ilmiah. Namun pada kenyataannya, masih banyak peserta didik yang menganggap bahwa pembelajaran IPA sebagai suatu pelajaran yang sulit dipahami dan membuat jenuh siswa. Pemahaman konsep-konsep ilmiah yang menjadi penyebab peserta didik menganggap bahwa pembelajaran IPA sulit dikuasai pemahamannya. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, diperlukan suatu solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Salah satu solusi yang dibutuhkan adalah pembelajaran yang memanfaatkan alat indera dan membuat seluruh tubuh atau pikiran terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Pembelajaran tersebut menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectuall) pada siswa kelas IV SDN Purwodadi Simpang. Permasalahan yang dapat dirumuskan adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN Purwodadi Simpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelektual (SAVI) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Purwodadi Simpang. iv Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan teknik pengumpulan data post test only group design. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 56 siswa, yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data kemampuan hasil belajar matematika dikumpulkan dengan tes literasi sains berbentuk soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (t hitung = 5297 > t tabel = 1674) maka (Ha) diterima. Dengan perbandingan nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 79 dan nilai rata-rata kemampuan literasi sains kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 63 ini menunjukkan bahwa model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelektual (SAVI) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN Purwodadi Simpang. Kata kunci : Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI), kemampuan literasi sains v ABSTRACT Learning science in elementary school is the initial foundation in creating students who have scientific knowledge, skills, and attitudes. Science learning is directed by systematically seeking to understand nature, so that science is not only the mastery of a collection of knowledge in the form of facts, concepts, or principles, but also a process of discovery and formation of a scientific attitude. However, in reality, many students consider science learning as a difficult and boring subject. The understanding of scientific concepts is the cause of students considering science learning difficult to comprehend. To overcome these problems, a solution is needed to improve students' literacy skills. One solution needed is learning that utilizes the senses and engages the entire body or mind directly in the learning process. This learning uses the SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) learning model for fourth-grade students at SDN Purwodadi Simpang. The problem that can be formulated is whether there is an influence of the SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) learning model on the science literacy skills of fourth-grade students at SDN Purwodadi Simpang. This study aims to determine the effect of the somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) learning model on the science literacy skills of students in the fourth-grade science subject at SDN Purwodadi Simpang. This type of research is quantitative, while the research method is a quasi-experimental method with the post-test only group design data collection technique. The research sample was determined to be 2 classes with a total of 56 students, determined by cluster random sampling. Data on science literacy learning outcomes were collected using multiple-choice science literacy tests. The data were analyzed using normality and homogeneity test calculations. The research hypothesis test used t-test. Based on the research results, it is shown that (t count = 5297 > t table = 1674) so (Ha) is accepted. With a comparison of the average value of science literacy skills of experimental class students using the SAVI learning model at 79 and the average value of science literacy skills of control class students not using the SAVI learning model at vi 63, this shows that the somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) learning model has an effect in improving the science literacy skills of fourth-grade students at SDN Purwodadi Simpang. Keywords: Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Learning Model, science literacy skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:29
Last Modified: 15 Dec 2023 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31589

Actions (login required)

View Item View Item