TREN BUDAYA KOREAN POP (K-POP) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Tasia, Candra (2023) TREN BUDAYA KOREAN POP (K-POP) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2 TASYA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIKS MAU CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi dan informasi khususnya media massa memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kemajuan komunikasi, tidak hanya menyebarkan informasi dengan cepat tapi juga memudahkan akses informasi dan masuknya budaya luar ke Indonesia. terutama budaya Korean Pop (K-Pop) yang sedang populer di Indonesia terutama bagi para remaja termasuk mahasiswa. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana tren budaya Korean Pop (K-Pop) terhadap perubahan perilaku mahasiswa uin Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menguraikan hasil dan pembahasan yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teori Sosial Kognitif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perubahan perilaku pada mahasiswa yaitu dalam gaya berpakaian yang semula mahasiswa tidak acuh pada pakaian yang di gunakan namun setelah mengenal K-Pop mahasiswa mulai mengikuti gaya berpakaian ala Budaya K-Pop dan menjadikannya lebih staylish namun tetap disesuaikan prinsip syariah Islam, selanjutnya perubahan dalam penampilan wajah setelah mengenal K-Pop mahasiswa mulai mempelajari penggunaan make-up yang natural dan elegan sesuai dengan syariah islam yaitu tidak berlebihan dalam penampilan wajah. Lalu dalam gaya berbicara mahasiswa menjadi lebih percaya diri berbicara di depan umum akibat motivasi yang diberikan idol K-Pop yang digemarinya, lalu mahasiswa juga mempelajari etika berbicara dengan orang yang lebih tua dan meningkatkan minat mahasiswa untuk mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Korea. Didapatkan juga hasil ketika sesama penggemar K-Pop berkumpul mereka saling sharing ilmu dan lebih semangat dalam belajar dan saling mengingatkan untuk mengerjakan kewajiban sebagai seorang muslimah baik dalam sholat maupun menutup aurat. Kata Kunci: Tren Budaya, K-Pop, Perubahan Perilaku, Teori Sosial Kognitif iii ABSTRACT The development of technology and information, especially mass media, has had a huge influence on the progress of communication, not only spreading information quickly but also facilitating access to information and the entry of foreign culture into Indonesia. especially Korean Pop (K-Pop) culture which is currently popular in Indonesia, especially for teenagers including students. This research will analyze how Korean Pop (K-Pop) cultural trends influence changes in student behavior at Raden Intan Lampung University. This research uses a qualitative approach that describes the results and discussion in a descriptive manner. This type of research uses field research with Social Cognitive theory. Data collection techniques use interview, observation and documentation methods. The results of the research show changes in behavior among students, namely in their clothing style, initially students were not indifferent to the clothes they wore, but after getting to know K-Pop, students began to follow the K-Pop culture style of clothing and made it more staylish but still adapted to Islamic sharia principles, then there were changes. In facial make-up, after getting to know K�Pop, students begin to learn how to use natural and elegant make-up in accordance with Islamic sharia, namely not overdoing it when applying make-up. Then in their speaking style, students become more confident in speaking in public due to the motivation given by their favorite K-Pop idols, then students also learn the etiquette of speaking with older people and increase students' interest in learning a foreign language, namely Korean. Results were also obtained when fellow K-Pop fans gathered, they shared knowledge with each other and were more enthusiastic about learning and reminded each other to carry out their obligations as Muslim women, both in prayer and covering their intimate parts. Keywoards: Cultural Trends, K-Pop, Behavior Change, Cognitive Social Theory

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:26
Last Modified: 18 Dec 2023 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31588

Actions (login required)

View Item View Item