PENGARUH PENDEKATAN TPACK BERBANTUAN MEDIA MENTIMETER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH

JULLYAN, EFRILIYANTI (2023) PENGARUH PENDEKATAN TPACK BERBANTUAN MEDIA MENTIMETER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI JULLYAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Technological, Pedagogical, Content And Knowledge (TPACK) adalah suatu pembelajaran yang menggunakan aplikasi sistem blended learning yang mengutamakan teknologi dan aplikasi (konten) tertentu dalam pembelajaran. TPACK juga merupakan sebuah gabungan dari 3 aspek utama yaitu teknologi, pedagogi, dan konten/materi pengetahuan. Karena ketiga konsep dasar pengajaran tersebut memiliki kekuatan dan daya tarik untuk menumbuhkan pembelajaran yang interaktif dan terfokus pada peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang interaktif adalah media mentimeter yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 2 Kotaagung. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas yaitu kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas kontrol yang dipilih secara acak menggunakan cluster random sampling yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen 1, X4 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas X7 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan multivariate analysis of varians (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh pendekatan TPACK berbantuan media mentimeter terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. (2) terdapat pengaruh pendekatan TPACK berbantuan media mentimeter terhadap kemampuan berpikir kritis. (3) terdapat pengaruh pendekatan TPACK terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci : TPACK, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah. ABSTRACT Technological, Pedagogical, Content And Knowledge (TPACK) is a learning that uses a blended learning system application that prioritizes technology and certain applications (content) in learning. TPACK is also a combination of 3 main aspects, namely technology, pedagogy, and content/knowledge material. Because these three basic teaching concepts have the power and attraction to foster interactive and student-focused learning. One of the interactive learning media is Mentimeter media which is expected to be able to improve students' critical thinking and problem solving skills. This research is a quasi-experimental design research consisting of an experimental class and a control class. The population in this study were class X students at SMAN 2 Kotaagung. The samples used were 3 classes, namely experimental class 1, experimental class 2, and control class which were chosen randomly using cluster random sampling, namely class X5 as experimental class 1, X4 as experimental class 2 and class X7 as control class. Hypothesis testing uses multivariate analysis of variance (MANOVA) with a significance level of 5%. Based on the results of data analysis and hypothesis testing that has been carried out, it can be concluded that (1) there is an influence of the TPACK approach assisted by Mentimeter media on critical thinking and problem solving abilities. (2) there is an influence of the TPACK approach assisted by Mentimeter media on critical thinking skills. (3) there is an influence of the TPACK approach on problem solving abilities. Keywords : TPACK, critical thinking skills, problem solving abilities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:22
Last Modified: 15 Dec 2023 09:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31587

Actions (login required)

View Item View Item