PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZ GAME MODIFICATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

SAMPURNA, KHOTIBUL UMMAM ALJUHRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZ GAME MODIFICATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Sampurna Khotibul Ummam Aljuhri_1911050193_Pendidikan Matematika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan data yang dilihat dari hasil pra penelitian bahwa masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sinektik berbantuan dengan media pembelajaran quiz game modification terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung, teknik pengambilan sampel dengan teknik acak kelas atau cluster random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model pembelajaran sinektik berbantuan dengan media pembelajaran quiz game modification, kelas VIII- I sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan model pembelajaran sinektik dan kelas VIII-E dengan perlakuan model pembelajaran problem based learning. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji MANOVA. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Model pembelajaran sinektik, quiz game modification, komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:18
Last Modified: 15 Dec 2023 09:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31586

Actions (login required)

View Item View Item