IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK DI MTS RIYADLATUL ULUM, KAB. LAMPUNG TIMUR

SONIA, FIKI WULANDARI (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK DI MTS RIYADLATUL ULUM, KAB. LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&dapus.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku membolos adalah tindakan yang dilakukan oleh peserta didik dalam bentuk pelanggaran tata tertib dengan meninggalkan sekolah pada jam pelajaran berlangsung atau tidak masuk sekolah tanpa izin dari guru. Perilaku membolos mencerminkan gagalnya aktualisasi diri dalam lingkungan sekolah sehingga peserta didik tidak bisa memahami pelajaran dan peraturan yang ada di sekolah. Permasalahan yang ada di MTS Riyadlatul Ulum adalah perilaku membolos. Oleh karena itu, diperlukannya bantuan guru Bimbingan dan Konseling dengan memberikan layanan konseling individual menggunakan teknik self management dalam mengatasi perilaku membolos. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui gambaran, pelaksanaan dan evaluasi proses layanan konseling individu menggunakan teknik self management yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku membolos di MTS Riyadlatul Ulum. Metode yang digunakan dalam pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah peserta didik yang membolos, sampel yang di jadikan penelitian adalah kelas VIII E. Objek pada penelitian yaitu pelaksanaan layanan konseling individu menggunakan teknik self management dalam mengatasi perilaku membolos pada peserta didik kelas VIII E. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan ke tiga peserta didik kelas VIII E di MTS Riyadlatul Ulum. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gambaran perilaku membolos pada peserta didik terdapat dua karakteristik yaitu memboos yang di sengaja dan membolos yang tidak disengaja. Membolos yang disengaja dikarenakan faktor yang mempengaruhi seperti: bangun kesiangan. Membolos yang tidak disengaja dikarenakan jarak antara rumah ke sekolah yang jauh, terkena musibah dijalan dan alasan lainnya yang dapat diterima oleh pihak sekolah. Pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik self management sudah diterapkan dengan baik dan sesuai dengan tahapan dan teknik bimbingan dan konseling. Pelaksanaan konseling individu dilaksanakan sebanyak lima sesi konseling yaitu sebagai berikut: identifikasi masalah, Diagnosis, Prognosis, Pemberian bantuan dan Evaluasi. Hasil evaluasi pelaksanaan konseling individu dengan teknik self management dalam mengurangi perilaku membolos pada ke tiga peserta didik kelas VIII E di MTS Riyadlatul Ulum telah dilaksanakan dengan baik, dimana dalam proses konseling diakhiri dengan beberapa kesepakatan mengenai hadiah dan hukuman yang akan didapatkan. Hasil yang diperoleh setelah diberikan layanan konseling, perilaku membolos pada ketiga peserta didik berkurang. Namun masih perlu ditingkatkan supaya dapat meminimalisir peserta didik yang membolos. Kata kunci: Teknik Self Management, perilaku memboloS.ABSTRACKT Truant behavior is an action carried out by students in the form of violating rules by leaving school during class time or not entering school without permission from the teacher. Truant behavior reflects a failure of self-actualization in the school environment so that students cannot understand the lessons and regulations at school. The problem at MTS Riyadlatul Ulum is truancy behavior. Therefore, assistance from Guidance and Counseling teachers is needed by providing individual counseling services using self�management techniques to overcome truancy behavior. The aim of this research is to determine the description, implementation and evaluation of the individual counseling service process using self-management techniques carried out by guidance and counseling teachers in dealing with truant behavior at MTS Riyadlatul Ulum. The method used in this research is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques are: observation, interviews, documentation. The subjects or informants in this research are students who play truant, the sample used in the research is class VIII E. The object of the research is the implementation of individual counseling services using self-management techniques to overcome truant behavior in class VIII E students. The subjects in this research are guidance and counseling teacher and three students in class VIII E at MTS Riyadlatul Ulum. The results of this research can be concluded that the description of students' truant behavior has two characteristics, namely intentional truancy and unintentional truancy. Deliberate truancy due to influencing factors such as: waking up late. Unintentional truancy due to the long distance between home and school, accidents on the road and other reasons acceptable to the school. The implementation of individual counseling services using self-management techniques has been implemented well and in accordance with the stages and techniques of guidance and counseling. Individual counseling is carried out in five counseling sessions, namely as follows: problem identification, diagnosis, prognosis, providing assistance and evaluation. The results of the evaluation of the implementation of individual counseling using self-management techniques in reducing truancy behavior for the three students in class VIII E at MTS Riyadlatul Ulum have been implemented well, where the counseling process ended with several agreements regarding the rewards and punishments that will be obtained. The results obtained after being provided with counseling services, truant behavior for the three students decreased. However, it still needs to be improved in order to minimize students' truancy. Keywords: Self Management Techniques, truant behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:44
Last Modified: 15 Dec 2023 08:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31582

Actions (login required)

View Item View Item