PENERAPAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK BINA LATIH KARYA (SMK-BLK) BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Kusnita, Nurma (2018) PENERAPAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK BINA LATIH KARYA (SMK-BLK) BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NEW-_NURMA_KUSNITA_FULL_(1).pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Setiap manusia pasti akan mengalami kejenuhan. Kejenuhan terjadi diselasela masa giat yang dialami. Akibat yang ditimbulkan karena peserta didik alami kejenuhan dalam belajar adalah menurunnya nilai prestasi yang rendah dalam belajar, tidak disiplin, tidak mampu menjawab pertanyaan, tidak mengerjakan PR dan lainlain. Meski harus diakui, kejenuhan dapat dialami oleh siapa saja. Siswa yang kemampuan akademiknya kurang ataupun siswa yang dianggap pintar dapat megalaminya. Dengan menggunakan teknik modeling peserta didik melakukan pengamatan terhadap seorang yang dijadikan sebagai model atau tokoh untuk merubah tingkah laku yang diinginkan. Karena model tersebut tanpa disadari akan menjadi dorongan dalam diri individu yang dapat mempengaruhi dirinya. Dengan melihat latar belakang masalah tersebut rumusan masalah yang diajukan oleh peneliti “Apakah penerapan teknik modeling dapat mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XI SMK Bina Latih Karya (SMK-BLK) Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan teknik modeling dalam mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XI SMK Bina Latih Karya (SMKBLK) Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 5 peserta didik yang memiliki kejenuhan belajar tinggi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan angket kejenuhan belajar. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t paired samples diperoleh t-hitung = 13.350 dan dibandingkan dengan t-tabel 0,05 = 2,776, ternyata t-hitung > t-tebel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan teknik modeling dapat mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XI SMK Bina Latih Karya (SMK-BLK) Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:25
Last Modified: 08 Feb 2018 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item View Item