PERAN BADAN PENASEHAT PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN

ISMA, WATI (2023) PERAN BADAN PENASEHAT PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ISMA WATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Badan penasihatan, pembinaan dan pelestarian Perkawinan (BP4) adalah salah satu organisasi yang bertugas membantu memberikan cara bagaimana menciptakan rumah tangga bahagia sejahtera pada masyarakat, bertujuan untuk mempertinggi mutu perkawinan serta mewujudkan keluarga sakinah menurut ajaran Islam untuk mencapai masyarakat dan bangsa Indonesia maju, mandiri, sejahtera dan spiritual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan dalam mewujudkan Keluarga Sakinah pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan dalam mewujudkan Keluarga Sakinah pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan. Jenis penelitian ini lapangan (field research) bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Penasihatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Membina Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA) Negara Batin, Kabupaten Way Kanan memiliki peran dan usaha yang cukup Penting bagi masyarakat. Badan Penasihatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam membina keluarga yang sakinah dikantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Negara Batin, seperti memberikan nasihat Pra-Nikah, Pemberian nasihat Pasca-Nikah,pemberian pemahan Kesehatan kepadan calon penggantin, simulasi ijab Kabul, pemberian bekal ilmu kepada calon pengantin. Akan tetapi peran dan iii usaha ini belum bisa dilakukan secara maksimal, sedikitnya ada tiga yang menjadi penghambat pelaksanaan Penasihatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan. Pertama, belum optimalnya kinerja Pelaksanaan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan. Kedua, Keberadaan Pelaksanaan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan telah lama di Negara Batin, Kabupaten Way Kanan, tetapi banyak masyarakat yang tidak memanfaatkan institusi ini atau bahkan tidak mengenalnya sama sekali. Ketiga, Kekurang mampuan petugas Pelaksanaan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan dalam melakukan langkah-langkah mediasi, dibandingkan dengan penasehatan atau penerangan, komunikasi, dan informasi. Kata Kunci : Badan Penasihatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan (BP4), Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:43
Last Modified: 14 Dec 2023 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31546

Actions (login required)

View Item View Item