HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI KECAMATAN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG

Dinda, Roro Astuti (2023) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI KECAMATAN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DINDA_RORO_ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dengan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Sma Negeri 1 Terusan Nunyai Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti Organisasi Rohani Islam (ROHIS). Adapun jumlah populasi berdasarkan hasil pengumpulan data yang telah dilakukan melalui wawancara dan observasi adalah sebanyak 39 siswa. Desain penelitian menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan penelitian ini adalah angket tentang variabel keaktifan berorganisasi dan variabel kecerdasan emosi. Penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif, Statistic deskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa nilai indeks korelasi sebesar 0,74 jika dikonsultasikan dengan tabel di atas angka r (0,74) yang berada antara 0,70 > 0,90 termasuk dalam kategori korelasi yang kuat, berarti antara variabel x dan variabel y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Berdasarkan hasil penghitungan korelasi menaggunakan uji regresi di atas, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara keaktifan berorganisasi terhadap kecerdasan emosi siswa “Diterima”. dan hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan bahwa tidak terdapat terdapat pengaruh positif antara keaktifan berorganisasi terhadap kecerdasan emosi siswa “Ditolak”. Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi, Kecerdasan emosi. iii ABSTRACT This research aims to determine the relationship between organizational activity and emotional intelligence among students at SMA Negeri 1 Kanan Nunyai, Canal Nunyai District, Central Lampung Regency, Lampung Province. This study uses a quantitative approach. Meanwhile, based on its type, this research is correlational research. The population in this study were all students who participated in the Islamic Spiritual Organization (ROHIS). The population size based on the results of data collection carried out through interviews and observations is 39 students. The research design uses questionnaires, observation and documentation. The research instrument used in this study was a questionnaire regarding organizational activity variables and emotional intelligence variables. This research uses descriptive statistical analysis. Descriptive statistics are used to analyze data by describing or illustrating the data that has been collected as it is without intending to make general conclusions or generalizations. The results of the hypothesis test can be concluded that the correlation index value is 0.74 if consulted with the table above, the number r (0.74) which is between 0.70 > 0.90 is included in the strong correlation category, meaning that it is between variable x and variable y there is a strong or high correlation. Based on the results of calculating the correlation using the regression test above, it can be concluded that the alternative hypothesis (Ha) which states that there is a positive influence between organizational activity on students' emotional intelligence is "Accepted". and the Null hypothesis (Ho) which states that there is no positive influence between organizational activity on students' emotional intelligence is "Rejected". Keywords: Organizational Activeness, Emotional Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:55
Last Modified: 13 Dec 2023 10:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31541

Actions (login required)

View Item View Item