MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE KETELADANAN PADA ANAK KELAS B3 DI TK AISYIYAH 2 KEDATON BANDAR LAMPUNG

KAMILATUS, SYARIFAH (2023) MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE KETELADANAN PADA ANAK KELAS B3 DI TK AISYIYAH 2 KEDATON BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KAMILATUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Upaya pencegahan terjadinya masalah lingkungan di masa depan memerlukan upaya nyata yang harus dilakukan generasi muda untuk meningkatkan kualitas lingkungan, salah satunya dengan menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui pendidikan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana upaya guru menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui metode keteladanan kepada anak di kelas B3 di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Kedaton, Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Dengan sumber penelitian guru dan murid., data yang dihasilkan dianalisis menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak kelas B3 di TK Aisyiyah 2 Kedaton, Bandar Lampung yaitu: 1) guru selalu bersikap positif, memberi contoh teladan seperti membuang sampah pada tempatnya, disiplin, merawat tanaman, menjaga kebersihan sekolah dan kelas, merawat dan melestarikan tanaman dengan menyiram tanaman yang ada agar tanaman tidak layu atau mati dan membiasakan anak untuk tidak memetik atau merusak tanaman yang ada, 2) guru mengajak anak–anak berinteraksi secara langsung di lingkungan sekitar (berkebun), 3) Membuang sampah pada tempatnya, 4) Anak membawa bekal untuk mengurangi plastic. Metode Keteladanan dapat dijadikan salah satu alternative untuk menanamkan karakter cinta lingkungan, sejalan dengan teori albert bandura, bahwa manusia belajar malalui pengamatan “medelling”. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Metode Ketaladan, Peduli Lingkungan iii ABSTRACT Efforts to prevent environmental problems from occurring in the future require real efforts that must be made by the younger generation to improve the quality of the environment, one of which is by fostering an attitude of caring for the environment through environmental education for children from an early age. The purpose of this research is to find out how teachers' efforts to foster an attitude of caring for the environment through exemplary methods for children in class B3 at Aisyiyah 2 Kedaton Kindergarten, Bandar Lampung. The research method used is qualitative case study. Data collection techniques use interviews, observation and documents. Using teacher and student research sources, the resulting data was analyzed using triangulation. The results of the research show that the teacher's efforts in cultivating an environmentally caring attitude in class B3 children at Kindergarten Aisyiyah 2 Kedaton, Bandar Lampung are: 1) the teacher always has a positive attitude, provides role models such as throwing rubbish in its place, being disciplined, taking care of plants, keeping the school clean and class,caring for and preserving plants by watering existing plants so that the plants do not wither or die and getting children used to not picking or damaging existing plants, 2) the teacher invites children to interact directly in the surrounding environment (gardening), 3) Throw away rubbish in the right place, 4) Children bring supplies to reduce plastic. The Exemplary Method can be used as an alternative to instill the character of loving the environment, in line with Albert Bandura's theory, that humans learn through observation."medelling”. Keywords : Early childhood, exemplary methods, environmental care, social learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:50
Last Modified: 13 Dec 2023 09:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31539

Actions (login required)

View Item View Item