UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL REMAJA (STUDY KASUS DI SMP AL-HIKMAH BUAY BAHUGA)

Resy, Noni Mardiantanti (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL REMAJA (STUDY KASUS DI SMP AL-HIKMAH BUAY BAHUGA). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of full RESY NONI MARDIANTANTI (3).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Self Control atau pengendalian diri adalah kemampuan untuk membimbing dan menentukan tingkah laku sendiri. Aspek yang digunakan untuk mengukur pengendalian diri (Self control) antara lain yaitu; kemampuan mengontrol prilaku, stimulus, mengantisipasi suatu peristiwa dan mengambil keputusan. Pengendalian diri (self control) diperlukan karena maraknya perilaku-perilaku tidak terpuji ataupun kenakalan remaja yang terjadi dan mencerminkan kurangnnya pengendalian diri (self control) pada remaja. Perilaku tidak terpuji tersebut berkisaran pada berkata kasar, berperilaku kasar, bertengkar dengan teman sejawat, berlaku tidak sopan kepada orang yang lebih tua dan lain sebagainya. Kenakalan remaja yang juga terjadi dilingkungan sekolah seperti membolos, melanggar peraturan, berkelahi, tidak disiplin dan lain-lain. Pada hal ini difokuskan pada Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pengendalian Diri (Self Control) Remaja di SMP Al-Hikmah Buay Bahuga dengan strategi dan metode yang digunakan saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan juga melalui kegiatan keagamaan yang rutin diadakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dan proses pengumpulan data yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Sehingga untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja dilingkungan sekolah dilakukanlah beberapa upaya pencegahan, salah satunya adalah dengan menanamkan pendidikan Agama kepada para peserta didik di SMP Al-Hikmah Buay Bahuga khususnya fokus penelitian ini pada kelas VII 2. Berbagai upaya mandiri yang diajarkan pendidik dalam usaha meningkatkan pengendalian diri (self control) antara lain: bersabar, menahan amarah, berpuasa, sholat, berucap dan berperilaku baik. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengendalian diri (self control) pada peserta didik dapat dilakukan dengan usaha menanamkan pendidikan Agama Islam dilingkungan sekolah dengan menerapkan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah, Mengaji dan berdo’a terlebih dahlu iv sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), mengadakan kultum atau pidato serta infak dihari jum’at, dan di adakandanya kegiatan organisasi keagamaan seperti rohis. Selain itu juga dilakukan dengan keteladanan, dimana guru Pendidikan Agama Islam dan guru lain juga menjadi contoh baik kepada para peserta didik dengan mengikuti setiap kegiatan keagamaan yang ada di lingkungan sekolah. Setelah langkah�langkah tersebut diimplemetasikan secara maksimal, hasilnya peserta didik mulai megalami peningkatan perilaku terpuji dan penegndalian diri (self control) yang bagus dan berkurangnya kenakalan remaja dilinkungan sekolah. Kata Kunci: Upaya Guru, Pengendalian diri (Self Control), Remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:31
Last Modified: 13 Dec 2023 09:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31532

Actions (login required)

View Item View Item