Putri, Mifka Liza (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERUBAHAN PADA PROGRAM KELAS UNGGULAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTs N) 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (1MB) |
Abstract
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu melalui sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Perubahan bertujuan agar organisasi tidak menjadi statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman, begitupun hal nya dalam manajemen suatu organisasi. Jadi dalam melakukan manajemen perubahan, seorang kepala Madrasah di MTs N 2 Bandar Lampung tidak saja dituntut untuk memiliki atribut personal yang menunjang dirinya untuk dapat melakukan proses perubahan dengan lancar, namun juga memiliki keterampilan mengelola proses perubahan baik dengan pendekatan yang bersifat organisatoris, namun juga keterampilan mengelola sumber daya manusia yang ada pada Madrasah tersebut. Rumusan Masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah manajemen perubahan di MTs N 2 Bandar Lampung?, dan Apakah hasil-hasil yang dicapai oleh kepala madrasah dalam membangun manajemen perubahan di MTs N 2 Bandar Lampung? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Sumber datanya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, komite Madrsah dan staff di MTs N 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kualitatif, dengan langkah-langkah: mengkatagorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengklasifikasikan data sesuai dengan fokus penelitian kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam penelitian ini. Adapun Implementasi Manajemen Perubahan oleh Kepala Madrasah dalam pengambilan kebijakan dan keputusan yaitu pembuatan keputusan melibatkan banyak pihak, seperti wakil-wakil kepala madrasah, guru, dan komite sekolah, keputusan madrasah secara partisifatip,bidang kurikulum yaitu dengan diturunkan dalam bentuk silabus dan RPP sehingga proses pembelajaran dan evaluasi lebih dapat terarah, dari segi tenaga pendidik pihak sekolah banyak dan memberikan program-program diklat untuk guru sehingga guru lebih dapat meningkatkan kompetensinya melalui diklat tersebut, bidang kesiswaan yaitu mempersiapkan sistem administrasi dengan menggunkan kompetensi yang meliputi beberapa kegiatan bidang kesiswaan, bidang sarana pendidikan yaitu mengoptimalkan khususnya sarana dalam pembelajaran baik dari segi media maupun peralatan lain yang dibutuhkan, bidang tenaga pendidikan yaitu Pengembangan kesadaran akan tugas dan tanggung jawab guru adanya peningkatan kualitas guru dalam pembelajaran dibutuhkan dengan perangkat yang telah mereka buat dan mengadakan pendidikan dan pelatihan dalam meningkakan kompetensi guru, bidang keuangan yaitu lebih meningkatkan transparasi proses keuangan Madrasah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan menghimpun data pendukung yang akurat untuk bahan acuan guna mempertahankan anggaran yang dianjurkan, bidang hubungan masyarakat yaitu meningkatkan hubungan kekeluargaan dengan mengembangkan tali persaudaraan antar sesama yang diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kegiatan keharmonisan yang maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen perubahan di MTs N 2 Bandar Lampung telah di Implementasikan dengan baik. Hal ini terbukti dengan perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dan di bantu oleh dewan guru serta staf di MTs N 2 Bandar Lampung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 04:31 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 04:31 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3153 |
Actions (login required)
View Item |