IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

Lia, Ningrum (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIA NINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen strategis adalah seni dan pengetahuan memformulasi, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya. Di lembaga pendidikan seperti sekolah, implementasi manajemen strategis di lembaga pendidikan benar-benar merupakan model perencanaan pendidikan yang baru. karena lembaga pendidikan sebelumnya dikenal sebagai organisasi nirlaba yang berlandaskan pada nilai dan filosofi pelayanan dan kemanusiaan, maka dalam pengelolaan dan perencanaannya, pendidikan terkesan asing dan jauh dari strategi dan manajemen yang digunakan oleh organisasi pencari keuntungan. berorientasi bisnis dan menguntungkan. Dalam proses penerapan manajemen strategi tidak terpisahkan dari peran seorang guru, dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen: “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas pokok mendidik, membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengajar peserta didik pada usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah, pada jalur pendidikan formal yang ditunjuk sesuai dengan peraturan perundangan-undangan”. Guru merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan. Baik atau buruknya mutu pendidikan sangat ditentukan oleh standar mutu guru. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini juga bertujuan untuk memahami bagaimana perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi yang terjadi, serta bagaimana pembelajaran strategi dan penilaian pembelajaran, serta kendala yang terjadi dan menjadi kendala. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif yaitu field research. Pada penelitian ini memakai metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dengan cara membandingkan informasi yang diperoleh penulis dengan teori yang digunakannya. Sumber penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, dan guru sebagai informan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan informasi bahwa implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung yang dikaji melalui 3 aspek yaitu, formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi sudah iii berjalan dengan seharusnya. Ketiga aspek aspek utama yang penulis teliti sesuai dengan teori yang penulis ambil dan pendapat dari tiga reponden yang penulis teliti. Adapun kendala yang terjadi terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung berdasarkan hasil analisis penelitian yang penulis peroleh yaitu kesadaran diri seorang guru dalam pengembangan dirinya dan mengenai perizinan atau absensi dimana masih terdapat guru-guru yang melakukan izin yang cukup sering seperti izin kepentingan keluarga, sakit. Serta dalam hal pendanaan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung yang masih bergantung pada dana BOS yang dana tersebut harus digunakan sesuai juknis yang ada dan tidak dapat digunakan sembarangan. SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung juga mengadakan komite SPP anak siswa dengan kendalanya tidak semua orangtua siswa dapat membayar tepat waktu SPP nya, masih banyak yang terlambat dalam pembayarannya bahkan ada juga yang sampai menunggak. Hal itu menjadi kendala untuk SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung yang menyandang sekolah swasta karena semua kinerja berjalan lancar apabila pendanaan pun berjalan dengan lancar. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Kinerja Guru iv ABSTRACT Strategic management is the art and science of formulating, implementing, and evaluating cross-functional decisions that enable an organization to achieve its objectives. In educational institutions such as schools, the implementation of strategic management in educational institutions is truly a new model of educational planning. because educational institutions were previously known as non-profit organizations based on values and a philosophy of service and humanity, in their management and planning, education seems foreign and far from the strategies and management used by profit-seeking organizations. business oriented and profitable. In the process of implementing strategic management, the role of a teacher is inseparable, in the Law of the Republic of Indonesia no. 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers: "Teachers are professional educators with the main task of educating, guiding, directing, assessing, and teaching students at an early age, basic education and secondary education, on formal education pathways designated in accordance with laws and regulations ”. Teachers are one of the most important things in the world of education. Good or bad quality of education is largely determined by teacher quality standards. This study aims to find out how the implementation of strategic management in improving teacher performance at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. This study also aims to understand how strategy formulation, strategy implementation, and evaluation occur, as well as how strategy learning and learning assessment, as well as the constraints that occur and become obstacles. This research is a qualitative research method using a descriptive approach, namelyfield research. In this study using data collection methods with observation, interviews, and documentation. Then use the data validity test with the source triangulation technique by comparing the information obtained by the author with the theory he uses. Sources of this research were obtained from school principals, vice principals of curriculum, and teachers as informants. Data analysis in this study used data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This study provides information that the implementation of strategic management in improving teacher performance at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung which is studied through 3 aspects namely, strategy formulation, strategy implementation and strategy evaluation has been running as it should. The three main aspects that the writer examined were in accordance with the theory v that the writer took and the opinions of the three respondents who the writer studied. As for the obstacles that occur in improving teacher performance at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung based on the results of the research analysis that the author obtained, namely the self-awareness of a teacher in developing himself and regarding licensing or absenteeism where there are still teachers who do permits quite often such as permits for family interests , Sick. As well as in terms of funding at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung which still depends on BOS funds, these funds must be used according to the existing technical guidelines and cannot be used haphazardly. SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung also held a tuition committee for students with the problem that not all parents of students could pay their tuition fees on time, there were still many who were late in paying their fees and some were even in arrears. This is an obstacle for SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung which is a private school because all performance runs smoothly if the funding goes smoothly. Keywords: Strategic Management, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:07
Last Modified: 13 Dec 2023 09:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31527

Actions (login required)

View Item View Item