PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEBERMANFAATAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk KCP PALEMBANG A RIVAI

NOOR, THALINA DWIPAYAN (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEBERMANFAATAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk KCP PALEMBANG A RIVAI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of NOOR THALINA DWIPAYANA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019-2020 sebanyak 196,71 juta pengguna, kemudian ditahun 2021 jumlah pengguna internet tercatat sebanyak 202,6 juta pengguna, dan ditahun 2022 pengguna internet bertambah menjadi 220 juta pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna internet terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada Bank Syariah Indonesia pengguna internet banking berjumlah 4,81 juta nasabah. Dari hasil data lapangan yang di dapat sebagai data perbandingan antar Bank Syariah Indonesia di Kota Palembang, pada Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai pengguna internet banking aktifnya lebih rendah di banding pengguna internet banking tidak aktifnya. Hal tersebut rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Apakah persepsi kemudahan, kebermanfaatan dan kepercayaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui apakah pengaruh persepsi kemudahan, kebermanfaatan, dan kepercayaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif. Sumber data pada penelitian ini adalah menggunakan data primer. Teknik pengumupulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan rumus slovin dengan menggunakan penyebaran kuesioner/angket. Metode analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dengan mengolah data menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian dan analisis penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi kemudahan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat, pada variabel kebermanfaatan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat. Sedangkan secara simultan dapat dijelaskan bahwa variabel persepsi kemudahan, kebermanfaatan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking pada Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai. Kata Kunci: Minat, Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan dan Kepercayaan. iv ABSTRACT Based on data from the Indonesian Internet Service Providers Association (APJII) stated that internet users in Indonesia in 2019- 2020 were 196.71 million users, then in 2021 the number of internet users was recorded at 202.6 million users, and in 2022 internet users increased to 220 million users. This shows that internet users continue to increase from year to year. At Bank Syariah Indonesia, internet banking users amounted to 4.81 million customers. From the results of field data obtained as comparison data between Bank Syariah Indonesia in Palembang City, at Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai active internet banking users are lower than inactive internet banking users. This is the formulation of the problem in this study, namely: Does the perception of convenience, usefulness and trust have a partial and simultaneous effect on customer interest in using internet banking at Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai. The purpose of this study is: To determine whether the influence of perceived convenience, usefulness, and trust has a partial and simultaneous effect on customer interest in using internet banking at Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai. In this study the author used quantitative research methods with associative properties. The source of data in this study is using primary data. The data collection technique used in this study is simple random sampling. The sample of this study was 100 respondents taken with the slovin formula using the distribution of questionnaires / questionnaires. The analysis method uses validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression tests, hypothesis tests (t test and f test), by processing data using the SPSS 25.0 application. The results of this study and analysis showed that partially the variables of perception of ease and trust had a significant effect on interest, on the variable of usefulness did not have a significant effect on interest. While simultaneously it can be explained that the variables of perception of convenience, usefulness, and trust have a significant effect on customer interest in using internet banking at Bank Syariah Indonesia KCP Palembang A Rivai. Keywords: Interest, Perception of Ease, Usefulness and Trustworthiness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:43
Last Modified: 13 Dec 2023 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31520

Actions (login required)

View Item View Item