PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

AISYAH, AMINI GEA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AISYAH AMINI GEA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas XI SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Motivasi Belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/20223. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experiment. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent Control Gruop Desain pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan post-test. Namun hanya kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan (treathment). Teknik pengambilan sampel kelas pada penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui: Observasi, observasi untuk menilai model pembelajaran yang digunakan. Angket, angket untuk mengungkap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan sampel, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2, sebanyak 60 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam Model Pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Didapatkan nilai Sig. 000 maka jika nilai Sig. < 0,05 (5%) pada Sig. (2- tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Problem Posing, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam. iv ABSTRACT The problem of this research is the low learning motivation of students in Islamic religious education subjects in class XI SMA Negeri 12 Bandar Lampung. This research aims to determine the effect of the Problem Posing Learning Model on student learning motivation. This research was conducted at SMA Negeri 12 Bandar Lampung for the 2022/20223 academic year. The research method used is a quantitative method with the type of experiment used is Quasy Experiment. The experimental design used in this research was a non-equivalent control group design. The pretest and post-test were carried out in the two groups. However, only the experimental group was given treatment. The class sampling technique in this study used a class random technique. Data collection in this research was carried out through: Observation, observation to assess the learning model used. Questionnaire, questionnaire to reveal students' learning motivation. This research used a sample, with research subjects being students in class XI IPS 1 and XI IPS 2, totaling 60 students. Based on the results of this research, it was found that there is a significant influence in the Problem Posing Learning Model on students' learning motivation in Islamic religious education subjects. The Sig value obtained. 000 then if the Sig value. < 0.05 (5%) on Sig. (2-tailed) then H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is an influence of the Problem Posing Learning Model on students' learning motivation in class XI PAI subjects at SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Keywords : Problem Posing Model, Learning Motivation, Islamic Religious Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:12
Last Modified: 13 Dec 2023 09:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31515

Actions (login required)

View Item View Item