ESA, MARWAHTUN HASANAH (2023) ANALISIS KEGIATAN MELIPAT, MENGGUNTING, MENEMPEL UNTUK ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATFHAL PERWANIDA 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kegiatan melipat, menggunting, dan menempel merupakan salah satu upya untuk mengembangkan aspek perkembangan motorik halus anak. Dengan kegiatan ini koordinasi mata dan tangan akan bekerja sama sehingga mampu menghasilkan sesuatu dengan apa yang diinginkan. Berhubung dengan mengembangkan aspek motorik halus anak tugas guru tidak hanya mengembangkan anak yang semerlang dalam akademik saja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa berpnegaruh kegiatan melipat, menggunting dan menempel ini untuk aspek perkembangan motorik halus kelompok B di RA Perwanida 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian Kualitaitf deskriptif (studi kasus) dengan menggunakan subjek guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data yang penulsi gunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisi data melalui pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Berdasarkan hasil analisis dan temuan penelitian penulis dapat menyimpulkan mengenai perkembangan motorik halus anak sebagai berikut 1) Guru menyiapkan alat-alat dan bahan yang akan digunakan, 2) Guru menjelaskan apa yang akan dilakukan ketika pembelajaran dimulai3) Guru menjelaskan langkah�langkah atau cara dalam berkegiatan, 4) Guru membimbing anak mulai dari awal sampai akhir pembelajaran 5) Guru memberikan penilaian atas hasil kerja anak. Kegiatan ini berakhir dalam perkembangan motorik halus melalu kegiatan melipat, mengggunting dan menempel kelompok B di RA Perwanida 2 Bandar Lampung terlaksana dengan baik dengan hasil yang maksimal. Kata Kunci : Analisis, Kegiatan 3M, Perkembangan Motorik Halus iii ABSTRACT Folding, cutting and sticking activities are one of the efforts to develop aspects of children's fine motor development. With this activity, eye and hand coordination will work together so that you can produce something that is desired. In connection with developing children's fine motor skills, the teacher's task is not only to develop children who are brilliant academically. This research was conducted to find out how influential folding, cutting and sticking activities are for aspects of fine motor development in group B at RA Perwanida 2 Bandar Lampung. This research uses descriptive qualitative research (case study) using teachers and students as subjects. This research uses data collection tools that the author uses in this research, namely observation, interviews and documentation. Data analysis through data collection, data reduction and data presentation. Based on the results of the analysis and research findings, the author can conclude regarding the development of children's fine motor skills as follows: 1) The teacher prepares the tools and materials that will be used, 2) The teacher explains what will be done when learning begins. 3) The teacher explains the steps or methods for the activity. , 4) The teacher guides the child from the beginning to the end of the lesson. 5) The teacher provides an assessment of the child's work. This activity ended in the development of fine motor skills through folding, cutting and sticking activities for group B at RA Perwanida 2 Bandar Lampung which were carried out well with maximum results. Keywords: Analysis, 3M Activities, Fine Motor Development
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 03:42 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 09:00 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31510 |
Actions (login required)
View Item |