IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TK AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Nabila, Alya Radina (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TK AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSIN BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSIN FULL NABILA ALYA RADINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pemenuhan kebutuhan dasar anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya memerlukan keterlibatan semua pihak, baik itu pemerintah, masyarakat, swasta terlebih lagi lembaga pendidikan. Sekolah yang ramah anak dan berbasis hak anak merupakan upaya dalam pemenuhan hak-hak anak dan memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak. Pemenuhan hak anak merupakan konsep yang dibuat oleh Pemerintah sebagai suatu strategi untuk menentukan indikator-indikator hak anak dalam Sekolah Ramah Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kebijakan sekolah ramah anak di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini TK Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh langsung dari responden yakni Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Orangtua siswa mengacu pada indikator�indikator kebijakan sekolah ramah anak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kebijakan yang dilaksanakan oleh TK Al-Kautsar Bandar Lampung sudah cukup baik, terlihat dari indikator-indikator yang telah terlaksana dengan cukup baik. Namun, keterlibatan orangtua masih kurang terimplementasikan dengan baik. Untuk memperlancar implementasi kebijakan sekolah ramah anak dibutuhkan kerjasama anatar seluruh pihak baik pemerintah pusat dan daerah, sekolah dan masyarakat. Kata Kunci : Anak; Hak; Implementasi Kebijakan; Perlindungan; Sekolah Ramah Anak. iv ABSTRACT Fulfilling children's basic needs in their growth and development requires the involvement of all parties, be it government, society, the private sector, especially educational institutions. Schools that are child-friendly and based on children's rights are an effort to fulfill children's rights and provide quality education for children. Fulfilling children's rights is a concept created by the Government as a strategy to determine indicators of children's rights in child-friendly schools. This research aims to determine the implementation of child-friendly school policies at the Early Childhood Education level at Al-Kautsar Kindergarten Bandar Lampung. This research uses qualitative research methods by collecting interview data, observation and documentation. Data was obtained directly from respondents, namely school principals, class teachers and parents, referring to child-friendly school policy indicators. Based on the results of this research, it shows that the implementation of policies carried out by TK Al-Kautsar Bandar Lampung is quite good, as can be seen from the indicators that have been implemented quite well. However, parental involvement is still not implemented well. To facilitate the implementation of child-friendly school policies, cooperation between all parties, both central and regional governments, schools and communities, is needed. Keywords: Children; Right; Policy Implementation; Protection; Child Friendly School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:30
Last Modified: 13 Dec 2023 08:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31508

Actions (login required)

View Item View Item