TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP PERBEDAAN TINGKAT PENDIDIKAN SUAMI ISTRI SEBAGAI PENUNJANG KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi di Desa Tangsi I Pagaralam Selatan, Sumatera Selatan)

ELA, SURYANI (2023) TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP PERBEDAAN TINGKAT PENDIDIKAN SUAMI ISTRI SEBAGAI PENUNJANG KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi di Desa Tangsi I Pagaralam Selatan, Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi ELA SURYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Keharmonisan rumah tangga merupakan impian bagi setiap manusia. Keluarga harmonis dapat dilihat dari ciri-cirinya yaitu bertaqwa kepada Allah, berpendidikan, ekonomi yang cukup, komunikasi yang baik, serta kualitas waktu yang baik bersama keluarga. Akan tetapi, masyarakat desa Tangsi I terdapat pasangan suami istri yang memiliki perbedaan tingkat pendidikan seperti suami adalah seorang lulusan SMP dan istri adalah seorang Strata 1, dan hal itu merupakan suatu kesenjangan yang mungkin akan menimbulkan masalah pada keharmonisan rumah tangga mereka dikemudian hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana perbedaan tingkat Pendidikan antara suami dan istri dalam keharmonisan rumah tangga di Desa Tangsi Kecamatan Pagaralam, Sumatera Selatan? 2). Bagaimana tinjauan Maslahah terhadap perbedaan tingkat pendidikan suami istri dalam keharmonisan rumah tangga di Desa Tangsi Kecamatan Pagaralam, Sumatera Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan kehidupan keluarga terkait pengaruh tingkat perbedaan pendidikan suami istri terhadap kehidupan rumah tangganya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualiatif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada para pasangan suami istri di Desa Tangsi I Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam. Sedangkan sumber data sekunder berasal dai buku-buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan pengaruh perbedaan pendidikan suami istri. Metode pengumpulan data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tingkat perbedaan pendidikan suami istri terhadap keharmonisan rumah tangga pada masyarakat desa Tangsi I Gunung Dempo memberikan pengaruh yang pasti dalam keharmonisan rumah tangga, baik secara materil (ekonomi) maupun moril dari pasangan suami dan istri. Apabila ditinjau dari maslahah, pendidikan berada dalam tingkatan maslahah al-hajiyyah yang artinya pendidikan merupakan kemaslahatan yang dibutuhkan sebagai penyempurna kemaslahatan pokok untuk mempertahankan dan memelihara kebutuhan manusia. Kata kunci: Maslahah, Pendidikan, Pasangan Suami Istri, Keharmonisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:29
Last Modified: 13 Dec 2023 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31507

Actions (login required)

View Item View Item