PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBAWONO LAMPUNG TIMUR

NUR, ISMAWATI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBAWONO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ISMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Bandar Sribawono, dengan tujuan agar proses belajar mengajar menjadi lebih bervariasi.maka demikian latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan agama islam Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bandar Sribawono Lampung Timur. Serta penggunaan metode kurang variasi oleh guru dan pembelajaran cenderung membosankan dan berpusat pada guru. Maka perlu adanya metode pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa lebih aktif sengga dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam. Peneliti menggunakan Model Pembelajaran Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam. Maka dari pemaparan latar belakang tersebut yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah : Apakah terdapat Model Pembelajaran Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Bandar Sribawono Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bandar Sribawono Lampung Timur Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Quaasi Eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data peneliti diperoleh dari posttest dengan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar pendidikan agama islam. Hasil penelitian hipotesis menggunakan rumus uji t test di peroleh sig- ( 2-tailed) < 0,05 (α 5% ) berarti Ha diterima, atau jika nilai thitung> ttabel maka Ha di terima. Artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Bandar Sribawono Lampung Timur Kata-Kunci : Pogil, Hasil Belajar, Pendidikan Agma Islam iii ABSTRACT This research aims to develop the existing learning model at SMA Negeri 1 Bandar Sribawono, with the aim of making the teaching and learning process more varied. So the background of this research is the low learning outcomes of Islamic religious education for Class XI students at SMA Negeri 1 Bandar Sribawono, East Lampung. . As well as the use of less varied methods by teachers and learning tends to be boring and teacher-centred. So it is necessary to have appropriate learning methods so that learning is more enjoyable and students are more active so that they can improve learning outcomes in Islamic religious education. Researchers use the Pogil Learning Model (Process Oriented Guided Inquiry Learning) to improve learning outcomes in Islamic religious education. So, from the background explanation, the problem in this research is: Is there a Pogil Learning Model (Process Oriented Guided Inquiry Learning) on the Learning Outcomes of Class Xi Students at SMA Negeri 1 Bandar Sribawono, East Lampung. This research aims to determine the influence of the Pogil Learning Model (Process Oriented Guided Inquiry Learning) on the Learning Outcomes of Class XI Students at SMA Negeri 1 Bandar Sribawono, East Lampung. The type of research used is experimental research with a Quasi Experiment experimental design using two classes, namely the experimental class and the control class. Researcher data was obtained from a posttest with multiple choice questions to measure learning outcomes in Islamic religious education. The results of hypothesis research using the t test formula obtained sig- (2-tailed) < 0.05 (α 5%) meaning Ha is accepted, or if the value of t> ttable then Ha is accepted. This means that there is an influence of the Pogil Learning Model (Process Oriented Guided Inquiry Learning) on the Learning Outcomes of Class Xi Students at SMA Negeri 1 Bandar Sribawono, East Lampung Keywords: Pogil, Learning Outcomes, Islamic Religion Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:23
Last Modified: 13 Dec 2023 08:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31506

Actions (login required)

View Item View Item