ELSA, SEPTIANA (2023) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK GOEMERLANG SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendorong anak agar memiliki perkembangan motorik halus yang siknifikat di TK Goemerlang Sukarame Bandar Lampung yaitu menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE). Pada penelitian ini menggunakan APE menggunting, playdough dan kolase biji–bijian dalam proses pembelajaran yang memiliki dampak yang sangat penting dalam perkembangan motorik halus pada anak. Banyak anak yang belum memenuh tingkat pencapaian perkembangan motorik halusnya, disamping itu durasi waktu pembelajaran yang sedikit dan kurang efektif, jadi pembelajaran kurang optimal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Apakah terdapat pengaruh APE terhadap motorik halus anak di TK Goemerlang Sukarame Bandar Lampung”.. Peneltian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental design, dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Adapun sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 15 siswa menggunakan 1 kelas yaitu kelas A usia 4―5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini yaitu untuk mengetahui uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan uji hipotesis anova one way. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh alat permainan edukatif terhadap perkembangan motorik halus anak. Hasil uji validitas menyebutkan 6 pertanyaan tidak valid dengan nilai signifikansi Pearson Correlation ≤ 0,05 dan 24 pertanyaan valid dengan nilai signifikansi Pearson Correlation ≥ 0,05. Uji reliabilitas menyebutkan hasil yang reliabel yaitu 0,953. Uji normalitas menyebutkan hasil yang normal yaitu sig pada kolom Shapiro Wilk ketiga APE memperoleh nilai signifikansi yaitu Menggunting nilai sig 0,262, Playdough 0,192 dan Kolase biji bijian nilai sig 0.130 yang berarti bahwa apabila nilai sig ≥ 0,05 sehingga dikatakan berdistribusi normal. Uji homogen menyebutkan nilai sig 0,124 yang berarti jika nilai nilai signifikan lebih tinggi dari 0,05 maka nilai tersebut bersifat homogen. Pada uji hipotesis anova one way ketiga APE memperoleh nilai signifikansi yaitu, Menggunting nilai signifikansi 0,279, Playdough memiliki nilai signifikansi 0,058 dan Kolase biji-bijian memiliki nilai signifikansi 0,288, yang mempunyai arti Ha diterima. Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, Motorik Halus iv ABSTRACT One of the learning activities that can be used to encourage children to have significant fine motor development at the Goemerlang Sukarame Kindergarten in Bandar Lampung is using educational game tools (APE). In this study, APE used cutting, playdough and grain collage in the learning process which has a very important impact on the development of fine motor skills in children. Many children have not yet reached the level of achievement of fine motor development, besides that the duration of learning time is small and less effective, so learning is less than optimal. The problem formulation in this research is "Is there an influence of APE on children's fine motor skills at Kindergarten Goemerlang Sukarame Bandar Lampung". This research uses quantitative research methods. The type of experiment used in this research is Pre Experimental design, with the research design used being One Shot Case Study. The sample used was a saturated sampling technique of 15 students using 1 class, namely class A aged 4-5 years. Data collection techniques use observation and documentation. The analysis technique for this research is to determine validity, reliability, normality, homogeneity and one way ANOVA hypothesis The results of this research show that there is an influence of educational game tools on children's fine motor development. The results of the validity test stated that 6 questions were invalid with a Pearson Correlation significance value of ≤ 0.05 and 24 questions were valid with a Pearson Correlation significance value of ≥ 0.05. The reliability test stated that the reliable results were 0.953. The normality test states that the results are normal, namely the sig in the third Shapiro Wilk column APE obtained a significance value, namely Cutting a sig value of 0.262, Playdough 0.192 and Grain collage a sig value of 0.130, which means that if the sig value is ≥ 0.05, it is said to be normally distributed. The homogeneous test states that the sig value is 0.124, which means that if the significant value is higher than 0.05 then the value is homogeneous. In the third one-way anova hypothesis test, APE obtained a significance value, namely, Cutting a significance value of 0.279, Playdough having a significance value of 0.058 and Grain collage having a significance value of 0.288, which means that Ha is accepted. Keyword : Education Game Tools, Fine Motor
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 03:16 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 08:46 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31504 |
Actions (login required)
View Item |