HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP ANAK MENURUT PANDANGAN TOKOH MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA (Studi Pada Tokoh Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur)

ALFARIDA, ISWARA (2023) HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP ANAK MENURUT PANDANGAN TOKOH MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA (Studi Pada Tokoh Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFARIDA ISWARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Orang tua adalah orang yang mempunyai amanat dari Allah untuk mendidik anak dengan penuh tanggung jawab dan dengan kasih sayang. Kewajiban Orang Tua : Mengasuh, memelihara, mendidik, dan melindungi anak, Menumbuh kembangkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya, dan Mencegah terjadinya perkawinan pada usia dini. Hak Anak: Hak memperoleh kasih sayang, Hak kesejahteraan, perawatan, asuhan dan bimbingan, Hak untuk memperoleh pendidikan, dan hak untuk di nikahkan dan mendapatkan warisan dari orang tuanya. dimana orang tua kebanyakan mengedukasi anak sesuai dengan pengalaman dari para orang tua atau keluarga lain yang dilihatnya. Sehingga orang tua kurang memahami apa yang menjadi hak dan kewajibanya terhadap anak. Setiap keluarga atau orang tua harus memiliki wawasan yang mewadai tentang kewajiban orang tua terhadap anaknya serta hak-hak yang harus dipenuhi oleh orang tua. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah yang perlu dijawab melalui penelitian ini yaitu Bagaimana hak dan kewajiban orang tua terhadap anak menurut pandangan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan temasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang diperoleh penelitian ini yaitu sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan tokoh Muhammadiyah dan tokoh Nahdlatul Ulama di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Dan sumber data sekunder melalui buku-buku, artikel-artikel, karya ilmiah, yang berkaitan dengan peran orang tua dalam mendidik anak. Metode pengumpulan data yang diperoleh yaitu melalui interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hak dan kewajiban orang tua terhadap anak menurut pandangan tokoh Muhammadiyah adalah proses pengasuhan anak atau membesarkan anak bukan hanya dimulai sejak anak dilahirkan tetapi sejak anak dalam kandungan, bahkan sejak janin belum memiliki ruh sekalipun, dengan memberikan kasih sayang, memberikan kebutuhan anak mulai dari makanan, pakaian tempat tinggal yang layak, sedangankan menurut pandangan tokoh Nahdlatul Ulama adalah memberikan pendidikan moral dan rohani agar anak menjadi positif dalam berprilaku memberikan pemahaman mengenai konsep yang benar dan yang salah. Dan termasuk dalam undang-undang nomor 1 tahun 1974 pada bab X tentang hak dan kewajiban orang tua pada pasal 45 yang berbunyi: Kedua orang tua wajib memelihara dan mendidik anak-anak mereka sebaik�baiknya. Dan (Qs at-Taḥrīm [66]:6)., kedua orang tua nya wajib menjaga, merawat dan mendidik anak anaknya pada jalan yang benar, membengkali ilmu pengetahuan yang cukup, menanamkan budipekerti yang luhur, serta membekali keterampilan yang memadai, agar anak siap menghadapi masa depannya secara mandiri, tangguh dan penuh tanggung jawab. Kata Kunci : Hak dan Kewajiban Orang Tua

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:14
Last Modified: 13 Dec 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31503

Actions (login required)

View Item View Item