PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK DWI PERTIWI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Primawidia, Esa (2017) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK DWI PERTIWI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_ESA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Nilai –nilai agama dan moral sangat penting untuk di tanamkan sejak dini agar manusia berada dalam kebenaran dan senantiasa berada di jalan yang lurus, jalan yang telah di gariskan oleh Allah Swt. Inilah yang akan mengantar kan manusia kepada kebahagiaan di dunia dan akhirat, Untuk meningkatkan aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, Guru dapat menggunakan metode bercerita, Berdasarkan latar belakang masalah di atas, Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan “Apakah Melalui Penerapan Metode Bercerita dapat Mengembangkan Aspek Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini di TK Dwi Pertiwi Bandar Lampung” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan melalui Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini di TK Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas B1 di TK Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 15 peserta didik. Sedangkan obyek penelitiannya adalah proses perkembangan kemampuan Nilai-Nilai Moral Dan Agama anak melalui penerapan metode bercerita .Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat penulis simpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral peserta didik kelas B1 di Taman Kanak-Kanak Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung, dengan hasil berkembang sesuai harapan mencapai 80%. Hal ini terlihat dari adanya perkembangan kemampuan anak yang telah mencapai indikator perkembangan: Mengucapkan do’a sesudah dan sebelum melakukan sesuatu, Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk, Membiasakan diri berperilaku baik, Mengucapkan salam dan membalas salam Kata Kunci: Metode Bercerita , Nilai-Nilai Moral Dan Agama, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 08 Mar 2017 07:46
Last Modified: 08 Mar 2017 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item