PENGEMBANGAN MODUL ALJABAR BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Nabila, Hasna Mayada (2023) PENGEMBANGAN MODUL ALJABAR BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nabila Hasna Mayada.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian…pengembangan…ini bertujuan untuk mengembangkan modul aljabar berbasis aplikasi canva.untuk.meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang layak, menarik, dan efektif untuk memfasilitasi peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development dengan model ADDIE (Analysis, Desgin, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli media, ahli materi, angket respon peserta didik, tes, angket motivasi dan uji N-Gain. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Hasil..uji..kelayakan dari..validator..ahli materi yang dilakukan oleh 2 ahli memperoleh nilai rata-rata yaitu 85,4% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji kelayakan validator ahli media yang dilakukan oleh 2 ahli media memperoleh nilai rata-rata yaitu 85,4% dengan kriteria “sangat layak”. Uji..kemenarikan..pada..kelompok.kecil dari 10 peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung mendapat skor rata-rata 86,3% dengan kriteria “sangat menarik”. Sedangkan uji kemenarikan pada kelompok besar dari 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung memperoleh skor rata-rata 87,4% dengan kriteria “sangat menarik”. Penilaian uji efektivitas menggunakan N-Gain pada tes hasil belajar kognitif memperoleh skor N-Gain sebesar 0,71 dengan kriteria “Tinggi” dan angket motivasi belajar memperoleh skor N-Gain sebesar 0,72 dengan kriteria “tinggi”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul aljabar berbasis aplikasi canva telah layak, menarik dan efektif digunakan pada proses pembelajaran aljabar. Kata Kunci : Pengembangan Modul Aljabar, Canva, Motivasi, Hasil belajar iii ABSTRACT This development research aims to develop an algebra module based on the Canva application to increase motivation and learning outcomes that are feasible, interesting and effective to..facilitate students and educators in the learning process. This research uses research and development research with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The data analysis techniques used are media expert validation analysis, material experts, student response questionnaires, tests, motivation questionnaires and the N-Gain test. The test subjects in this research were class VII students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. The results of the feasibility test from the material expert validator carried out by 2 experts obtained an average score of 85,4% with the criteria "very feasible". The results of the media expert validator feasibility test carried out by 2 media experts obtained an average score of 85.4% with the criteria "very feasible". The attractiveness test on a small group of 10 class VII students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung received an average score of 86,3% with the criteria "very attractive". Meanwhile, the attractiveness test on a large group of 30 class VII students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung obtained an average score of 87,4% with the criteria "very attractive". The effectiveness test assessment using N-Gain in the cognitive learning outcomes test obtained an N-Gain score of 0.71 with "High" criteria and the learning motivation questionnaire obtained an N-Gain score of 0.72 with "high" criteria. The results of this research indicate that the algebra module based on the Canva application is feasible, interesting and effective for use in the algebra learning process. Keywords : Algebra Module Development, Canva, Motivation, Learning Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:19
Last Modified: 12 Dec 2023 13:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31493

Actions (login required)

View Item View Item