PENGARUH STRATEGI JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG

IDA, MIATIN (2023) PENGARUH STRATEGI JOYFULL LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI IDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Minat belajar merupakan salah satu hal terpenting dalam proses pembelajaran. Rendahnya minat belajar peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung membuat dibutuhkannya inovasi strategi dan media pembelajaran baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Joyfull Learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment dan desain yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket) minat belajar. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi Joyfull Learning berbantuan media audio visual dan peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol menggunakan strategi interaktif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Hasil uji normalitas menentukan bahwa data yang diperoleh berditribusi normal dan dari uji homogenitas data yang diujikan bersifat sama atau homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000. Pengambilan keputusan ditentukan berdasarkan nilai P Value yaitu 0,05. Jika nilai Sig. (2-tailed) ≥ P Value maka dinyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan, serta Jika nilai Sig. (2-tailed) < P Value maka dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) < P Value atau 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan strategi Joyfull Learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Peserta didik yang diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi Joyfull iv Learning berbantuan media audio visual memiliki minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi interaktif. Kata Kunci: Strategi Joyfull Learning, Media Audio Visual, Minat Belajar v ABSTRACT Interest in learning is one of the most important things in the learning process. The low interest in learning of class V MIN 10 Bandar Lampung students requires innovative strategies and new learning media in learning to increase students' interest in learning. This research aims to determine the effect of the Joyfull Learning strategy assisted by audio-visual media on the learning interest of class V MIN 10 Bandar Lampung students. This research is quantitative research with a Quasy Experiment type of research and the design used is Posttest-Only Control Design. The sampling technique used in this research is Cluster Random Sampling. The instrument used is a learning interest questionnaire. The population in this study were all students in class V MIN 10 Bandar Lampung. The samples in this research were class V A students as the experimental class using the Joyfull Learning strategy assisted by audio-visual media and class V B students as the control class using interactive strategies. The data analysis technique uses a normality test using the Shapiro Wilk test, a homogeneity test using the Levene Statistics test, followed by hypothesis testing using the Independent Sample T Test. The results of the normality test determine that the data obtained is normally distributed and from the homogeneity test the data tested is the same or homogeneous. Based on the results of hypothesis testing using the Independent Sample T Test, the Sig value was obtained. (2-tailed) of 0.000. Decision making is determined based on the P value, namely 0.05. If the Sig value. (2-tailed) ≥ P Value then it is stated that there is no significant influence, and if the Sig. (2-tailed) < P Value then it is stated that there is a significant influence. Based on the results of the hypothesis test, it is known that the Sig. (2-tailed) < P Value or 0.000 < 0.05. So it can be concluded that H_0 is rejected and H_a is accepted or there is a significant influence of the Joyfull Learning strategy assisted by audio-visual media on the learning interest of class V MIN 10 Bandar Lampung students. Students who were given treatment using the Joyfull Learning strategy assisted by audio-visual media had a higher interest in learning than students who were given treatment using an interactive strategy. vi Keywords: Joyful Learning Strategy, Audio Visual Media, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:34
Last Modified: 12 Dec 2023 12:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31487

Actions (login required)

View Item View Item