Pengaruh Model Pembelajaran M-APOS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis ditinjau dari Minat Belajar Siswa

Widia, Lestari (2023) Pengaruh Model Pembelajaran M-APOS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WIDIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa. Hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Buay Madang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang tidak mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan kurang aktif dalam pembelajaran di kelas, kurangnya tuntutan siswa dalam menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari, dan minat belajar siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran M-APOS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Buay Madang dengan jumlah populasi 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IXA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model Ekspositori dan kelas IXB sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran M-APOS. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Mancova. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran M-APOS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran Matematis, Model M-APOS dan Minat Belajar. iv ABSTRACT Students' problem solving and mathematical reasoning abilities in mathematics learning are abilities that students need to master. The results of research on students' problem solving and mathematical reasoning abilities in class IX of SMP Negeri 2 Buay Madang show that there are students who do not reach the KKM. This is because students have difficulty solving mathematics problems and are less active in learning in class, there is a lack of demand from students to explore knowledge about the material being studied, and students' interest in learning is still low. The aim of this research is to see the influence of the M-APOS learning model on problem solving and mathematical reasoning abilities in terms of students' learning interest. This research is a quantitative research type of Quasy Experimental Design. The subjects of this research were class IX students of SMP Negeri 2 Buay Madang with a population of 4 classes. The sample in this study was class IXA as a control class using the Expository model and class IXB as an experimental class using the M-APOS learning model. Data collection techniques include tests and questionnaires. Hypothesis testing in this research uses the Mancova test. Based on the results of the research and discussion, it was concluded that the problem solving and mathematical reasoning abilities of students using the M-APOS learning model were better than those of students using the expository learning model. Keywords: Problem Solving Ability, Mathematical Reasoning, M�APOS Model and Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:21
Last Modified: 12 Dec 2023 11:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31485

Actions (login required)

View Item View Item